Diterbitkan 22 Jun 2023

Jangan Tunggu Mogok, Segera Ganti Aki Jika Kondisinya Begini

Teknologi

Tanpa adanya aki, sangat mungkin kendaraan tidak akan berjalan. Tentunya aki memiliki masa pakai yang sangat mungkin bisa dipakai lebih lama – Lakukan 5 Hal Ini Agar Aki Kering Tahan Lama. Meskipun bisa dipakai lebih lama, kamu harus tahu kapan sebaiknya mengganti aki. Sebaiknya ganti aki ketika:

1. Indikator berubah warna

Biasanya terdapat indikator pada aki kering. Umumnya pada aki kering tipe Maintenance Free ada 3 indikator perubahan warna yang perlu dijadikan perhatian lebih. Indikator warna biru menunjukkan kondisi aki masih baik, warna putih menunjukkan aki perlu ditambah daya, dan merah menunjukkan aki harus diganti secepatnya. 

2. Nilai voltase pada aki berubah

Nilai normal voltase pada aki umumnya berkisar di 12,45 volt dalam keadaan mati dan berkisar pada 13-14 volt saat menyala. Apabila nilai voltase tidak normal, tandanya aki sedang bermasalah dan perlu segera diganti.

3. Performa kendaraan menurun

Hal yang paling jelas menandakan aki perlu diganti adalah ketika performa kendaraan mengalami penurunan. Kamu perlu waspada apabila lampu kendaraan mulai redup, kendaraan berjalan lambat, sulit menyalakan kendaraan, dan penurunan performa lainnya kamu perlu mengganti aki secepatnya.

4. Melebihi masa pakai

Rata-rata masa pakai aki adalah 2 tahun. Jika lewat dari itu, sebaiknya segera ganti aki untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada kendaraan. 

5. Ada bau aneh pada aki

Normalnya aki dalam kondisi prima tidak menimbulkan bau saat mesin dinyalakan. Penggantian aki harus dilakukan apabila tercium bau aneh pada aki. Bau aneh ini disebabkan rusaknya sel-sel dalam aki. 

Terlambat mengganti aki mengakibatkan sistem Electronic Control Unit (ECU) rusak sehingga kendaraan sulit menyala. Selain itu juga dapat menyebabkan sistem kelistrikan pada kendaraan menjadi terganggu. Jangan risau, kamu yang suka belanja online bisa membeli aki melalui Corporate Commerce Gokomodo pastinya aman dan terpercaya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin