Diterbitkan 18 Aug 2023

Kamu Perlu Tahu, Sabut Kelapa Sawit Juga Banyak Dimanfaatkan untuk Keperluan Sehari-hari

Agri Edu
sabut kelapa sawit

Kelapa sawit selain dimanfaatkan buahnya juga dimanfaatkan seluruh bagian tanamannya. Karena semua bisa dimanfaatkan, tidak heran kelapa sawit tidak mempunyai limbah yang dibuang pada lingkungan sekitar – Inilah Pemanfaatan Kelapa Sawit yang Tidak Ada Limbahnya! Oleh karena itu, perkebunan kelapa sawit termasuk salah satu perkebunan yang dapat mempertahankan ketahanan lingkungan berlanjut sesuai dengan SDGs. 

Manfaat sabut kelapa sawit

Kelapa sawit dimanfaatkan buahnya dan diambil bagian mesokarp (daging buah). Lalu apakah bagian buah lainnya bisa dimanfaatkan?Jawabannya adalah, bisa. Selain digunakan sebagai bahan bakar ketel uap di pabrik kelapa sawit, masih banyak kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari, seperti:

  1. Bahan dalam sektor pertanian

Sabut dimanfaatkan sebagai pupuk karena mengandung kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor, dan unsur hara makro-mikro lainnya. 

Tidak hanya itu saja, sabut kelapa sawit bisa digunakan sebagai media tanam. Penggunaan sabut sebagai media tanam karena kemampuannya menetralkan tanah masam, membantu meningkatkan kadar penyerapan air tanah, mempertahankan kelembaban tanah, serta unsur hara makro dan mikro untuk tanaman.

  1. Bahan pembangunan

Siapa sangka ternyata sabut kelapa sawit bisa dijadikan alternatif bahan pembangunan. Mahasiswa ITB berhasil menggunakan campuran plastik dan sabut kelapa sawit untuk lapisan aspal. Selain mengurangi sampah plastik, lapisan aspal sabut kelapa ini juga menghemat biaya pengaspalan. 

  1. Bahan baku industri

Banyak sekali industri yang bergantung pada sabut kelapa sawit. Dari sabut ini, nantinya akan diolah menjadi springbed, furnitur, jok kendaraan, fashion, dan masih banyak lagi. 

  1. Peralatan rumah tangga

Banyak ditemui peralatan rumah tangga yang terbuat dari sabut kelapa sawit. Salah satunya yaitu filter air alami. Kelapa sawit memiliki serat yang kasar dan bertekstur membantu mengurangi kotoran pada air sehingga air yang digunakan sudah bersih. 

  1. Alternatif bahan bakar

Bahan bakar yang tersedia saat ini yaitu bahan bakar fossil, tentunya akan mengalami kelangkaan beberapa tahun kedepan. Untuk itu diperlukan bahan bakar alternatif, seperti briket/arang. Sabut termasuk salah satu bahan yang digunakan untuk membuat briket. Keunggulan briket kelapa sawit yaitu hasil pembakaran rendah emisi sehingga ramah lingkungan.

Itulah salah satu pemanfaatan bagian buah kelapa sawit. Masih banyak lagi yang bisa dimanfaatkan dari kelapa sawit untuk kehidupan sehari-hari. Semakin banyak dimanfaatkan, semakin mendukung ketahanan lingkungan berkelanjutan. Simak lebih lanjut seputar pemanfaatan tanaman kelapa sawit dengan membaca artikel di website Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin