Diterbitkan 28 Jun 2023

Kenali 4 Tanaman Penghasil Minyak Nabati Selain Kelapa Sawit

Agri Edu
minyak nabati

Selain minyak nabati yang dihasilkan oleh tanaman kelapa sawit, rupanya masih banyak minyak dari tanaman lain yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Baik dalam hal kecantikan, kesehatan, hingga kebutuhan rumah tangga lainnya.

Jika kamu penasaran dengan apa saja jenis tanaman yang bisa menghasilkan minyak selain kelapa sawit, berikut adalah penjelasan singkat mengenai 4 tanaman penghasil minyak nabati tersebut. Simak dengan baik, ya!

Tanaman Penghasil Minyak Nabati Selain Kelapa Sawit

1. Buah Zaitun

Pasti kamu sudah tidak asing dengan buah zaitun, bukan? Rupanya, buah yang kaya berbagai nutrisi ini dapat diolah menjadi minyakdengan segudang manfaat, lho. Adanya kandungan asam oleat, omega 3, omega 6, serta polifenol dan flavonoid juga membuat minyak zaitun digemari masyarakat di berbagai belahan dunia.

2. Bunga Kanola

Bagi sebagian orang, nama bunga kanola mungkin masih cukup asing didengar. Namun ternyata, bunga berwarna kuning yang banyak ditanam di New South Wales, Australia ini merupakan penghasil minyak nabati yang terkenal di luar negeri. Minyak ini dipercaya mampu mencegah kerusakan sel, meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi kolesterol jahat, serta menjaga stabilitas gula darah.

3. Buah Kelapa

Hampir sama dengan buah kelapa sawit, buah kelapa biasa juga bisa diolah menjadi minyak yang kaya akan manfaat. Dengan memanfaatkan bagian dagingnya, kamu bisa mendapatkan minyak nabati yang berguna dalam hal kesehatan dan kecantikan. Minyak yang berasal dari kelapa cukup mudah ditemukan di daerah tropis sehingga penggunaan minyak kelapa cukup banyak.

4. Bunga Matahari

Jika selama ini kamu hanya mengetahui biji bunga matahari yang diolah menjadi kuaci, perlu kamu ketahui bahwa bunga matahari juga dapat diolah menjadi minyak. Bagi beberapa orang, minyak bunga matahari bahkan juga digunakan sebagai minyak goreng karena khasiatnya.

Itu dia 4 tanaman selain kelapa sawit yang bisa menghasilkan minyak nabati untuk menunjang kebutuhan sehari-hari. Dapatkan informasi menarik lainnya, seperti Mitos dan Fakta mengenai Industri Kelapa Sawit hanya di website Gokomodo. Cek sekarang juga!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin