Diterbitkan 7 Jun 2023

Kenali Tanda Pipa Air Bocor Berikut Ini!

Teknologi
pipa air bocor

Salah satu urusan rumah tangga yang harus dicek secara berkala adalah sistem perpipaan. Hal ini karena tak jarang, pipa air mengalami kebocoran sehingga membuat pengeluaran membengkak dan berbagai kerugian non material lainnya.

Kebocoran pipa biasanya diketahui saat muncul tetesan air di bagian kran saat posisi dimatikan. Sayangnya, beberapa kasus kebocoran pipa juga bisa terjadi meskipun tidak ada tanda-tanda fisik yang terlihat. Untuk mendeteksinya, simak beberapa cara mengenali pipa air bocor di bawah ini.

Tanda-tanda pipa air bocor:

1. Muncul Rembesan Air

Kemunculan rembesan air menjadi salah satu tanda untuk mengidentifikasi kebocoran pipa. Bukan hanya muncul bercak di tembok, rembesan air  juga bisa dapat berupa genangan air yang muncul di tempat yang tidak biasa.Jika sudah diketahui akar kebocoran, segera lakukan penambalan pipa dengan lem khusus pipa.

2. Tagihan Air Melonjak 

Naik turunnya tagihan air memang normal terjadi, namun jika kenaikan terjadi secara drastis padahal penggunaan air di rumah tetap, mungkin itu menjadi tanda bahwa ada pipa yang bocor.

Untuk itu, segera periksa seluruh pipa air di rumah agar kebocoran bisa segera dihentikan. Jika kebocoran terjadi di tempat yang tidak terlihat, periksa ada tidaknya rembesan air pada tembok ataupun genangan air yang muncul tiba-tiba.

3. Tangki Air Cepat Habis

Kebocoran pada pipa juga bisa ditandai dengan volume air pada tangki,habis dalam waktu singkat. Jika dalam keadaan normal air bisa digunakan untuk 2-3 hari, saat terjadi kebocoran pipa air hanya akan bisa digunakan untuk 1-2 hari saja.

Meskipun tangki air yang habis bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti penggunaan yang berlebih dari biasanya karena ada tamu yang menginap, namun alasan kebocoran pipa air tetap bisa menjadi salah satunya.

4. Pompa Air Nyala dan Mati Sendirinya

Tanda kebocoran pipa yang terakhir adalah kondisi pompa air yang nyala mati dengan sendirinya. Kondisi ini seringkali terjadi pada pompa air otomatis karena pipa yang bocor akan membuat air terus mengalir meskipun kran berada pada kondisi tertutup. 

Nah, itu dia beberapa tanda yang bisa menunjukkan adanya kebocoran pada pipa air. Sebagai solusinya, kamu bisa Lakukan Hal Ini Agar Pipa Air Bocor Bisa Dihindari!. Jangan lupa untuk menggunakan pipa berkualitas sejak awal agar pipa yang digunakan semakin awet. Dapatkan produk-produk pipa berkualitas dengan harga terbaik hanya di Gokomodo Corporate Commerce. Kunjungi website kami sekarang!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin