Diterbitkan 28 Feb 2023

Kerjasama Adalah Kunci Sukses Toko Mandiri Tani Asal Sulawesi Selatan

Figure
kunci sukses toko mandiri tani

Petani memberikan sarana hidup bagi masyarakat berupa bahan makanan yang membuat kita bisa bertahan hidup dan toko tani menjadi pendamping petani dalam setiap kegiatan pertanian. Toko tani menjadi peran penting untuk pemenuhan kebutuhan petani, seperti pupuk, pestisida, dan persediaan benih tanaman.

Untuk menjadi pemilik toko tani yang sukses bukanlah hal yang mudah. Pak Leman, pemilik Toko Mandiri Tani asal Sulawesi Selatan memulai menjalankan bisnis toko pertanian pada awal tahun 2016 yang pada saat itu perjuangannya ketika awal membuka tidaklah mudah bahkan memilukan, karena sering dibandingkan dengan toko lain dari segi harga dan ketersediaan produk. Usaha mulai terasa membaik pada tahun 2017 dengan cara kerjasama dan lobi berbagai hubungan emosional dengan para petani sekitar sehingga menjadi bisa beradaptasi.

Kerjasama yang biasa dilakukan Pak Leman dengan para petani berupa peringanan pembayaran, diskusi hama penyakit, serta memberikan diskon. Kerjasama yang dilakukan Pak Leman tidak hanya sebatas petani, namun juga dengan perusahaan yang membantu melengkapi kebutuhan tokonya. Salah satunya dengan Gokomodo yang dimulai pada akhir 2022. Pak Leman sangat senang bertemu dengan tim Gokomodo karena banyak barang yang tidak bisa dijangkau oleh pihak lain, namun dengan gokomodo bisa dipenuhi dengan baik dan tepat waktu.

Sebelum mengenal Gokomodo, Pak Leman sangat kesulitan untuk pemenuhan barang di tokonya. Saat musim dan harga jual bagus, banyak petani yang menginginkan produk pertanian namun belum tersedia di toko, sehingga telat untuk musim tersebut.

Itulah sekilas kisah Pak Leman, pemilik Toko Mandiri Tani di Sulawesi Selatan yang sukses menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Bila kamu memiliki kios tani dan ingin melengkapi kebutuhan tokomu, kunjungi website Gokomodo untuk mendapatkan informasi lengkap!

Kisah Toko Tani tidak hanya perempuan loh, kamu bisa baca selengkapnya disini: Mengenal Ratnasih, Sosok Wanita Hebat Dibalik Toko Sinar Tani

whatsapp
twitter
facebook
linkedin