Diterbitkan 3 Jul 2024

Ketahui Cara Mudah Budidaya Tanaman Lada Untuk Pemula

Tips / Tutorial
Tanaman Lada

Selama ini jenis tanaman yang sering dibudidayakan di rumah meliputi tanaman hortikultura, tanaman buah, dan tanaman hias. Pernahkah terbesit dalam pikiranmu untuk menanam rempah-rempah di rumah? Memangnya bisa menanam rempah-rempah di rumah? Inilah saat yang tepat untuk mencoba budidaya tanaman lada di rumah. Bingung bagaimana caranya? Nih, Gokomodo berikan tips budidaya lada di rumah!

Syarat Tumbuh Tanaman Lada

Sebelum mulai budidaya tanaman lada, sangat penting untuk tahu tentang syarat tumbuhnya. Beberapa syarat tumbuh lada yang ditanam di rumah antara lain:

  • Iklim

Iklim menjadi hal terpenting agar lada bisa tumbuh dengan baik, meskipun di rumah. Pastikan lingkungan rumah memiliki curah hujan, suhu, dan bulan kering yang cukup. Alangkah lebih baik jika lada dibudidayakan di dataran tinggi karena memiliki kelembapan berkisar 50-100%.

  • Tanah

Tanah sebagai media tanam yang paling diperlulan untuk tanaman lada bertahan hidup. Tanah yang ideal digunakna untuk bididaya yaitu pH netral. Jangan khawatir kalau kondisi tanah di rumahmu cenderung asam. Kamu bisa lho baca 4 Cara Mengatasi Tanah Masam di Kebunmu.

Pemilihan Bibit Tanaman Lada

Bibit lada berasal dari cabang primer dan sekunder yang telah distek. Bibit lada yang terpilih dapat langsung disemai di dalam polibag yang sudah diisi dengan tanah, pupuk kompos, dan pasir. Media tanam tersebut harus memiliki perbandingan 7:3:1 agar tanaman tumbuh dengan baik. 

Setelah ditanam di polibag, tutup polibag menggunakan plastik yang dapat menyerap 60-70% cahaya matahari. Agar bibit terlindungi dengan baik, kamu dapat menutupnya dengan jaring-jaring. Fase pembibitan biasanya memakan waktu 3-4 bulan atau hingga akar lada tumbuh dengan baik dan cukup kuat untuk dipindahkan. 

Memindahkan Bibit Tanaman Lada

Jika kamu memiliki pekarangan di rumah, kamu bisa menanam lada dengan leluasa. Benih lada yang sudah dipindahkan ke dalam pot sebaiknya segera diberi pupuk dasar yang terdiri dari pupuk kandang, pupuk trichokompos, kapur, dan trichoderma. Tidak punya lahan pekarangan? Tenang saja, kamu dapat meletakkan lada di teras rumah. Hitung-hitung lada bisa digunakan untuk menghidupkan suasana rumah, kan?

Perawatan Tanaman Lada

Secara umum, perawatan tanaman lada sama seperti tanaman lain pada umumnya. Adapun perawatan khusus yang dapat dilakukan jika memutuskan budidaya lada di rumah.

  • Buat fungisida organik untuk membantu mengendalikan penyakit jamur P. capsici.
  • Menggunakan obat tanaman hayati maupun biopistesida yang ramah lingkungan dan ramah manusia.
  • Pangkas ranting yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. 
  • Lada termasuk yang dapat tumbuh dengan baik, sehingga penyiraman lada tidak terlalu berlebihan untuk mencegah air menggenang.di dalam pot.

Proses Panen Tanaman Lada

Budidaya lada memang tidak sebentar. Kamu harus menunggu hingga usianya 8-9  bulan setelah tanam agar menghasilkan biji yang berkualitas untuk dipanen. Biasanya biji lada yang siap dipanen akan berubah warna menjadi kuning atau kemerahan Kamu memerlukan gunting pangkas atau pisau tajam untuk memanen lada. Jika pertumbuhan lada sangat bagus, panen bisa dilakukan hingga 2 kali dalam satu tahun.

Budidaya tanaman lada di rumah cukup mudah, kan? Jika kamu mulai tertarik tentang budidaya tanaman, bisa banget baca artikel budidayat berbagai jenis tanaman di blog Gokomodo. Dan jangan lupa untuk membeli peralatan budidaya hanya di GokoMart terdekat, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.