Diterbitkan 19 Jul 2023

Ketahui Dampak El Nino bagi Pertanian Indonesia

Agri Edu
dampak el nino

Salah satu fenomena alam tahunan yang memiliki dampak terhadap pertanian adalah El Nino. Kondisi dimana suhu permukaan air di Samudra Pasifik Tengah dan Timur yang menjadi lebih hangat dari biasanya ini disebabkan oleh terjadinya perubahan aliran angin serta distribusi suhu di atmosfer. 

Fenomena alam ini menyebabkan perubahan pola cuaca global, yakni mempengaruhi cuaca dan iklim di berbagai wilayah di seluruh dunia. Oleh karena itu, El Nino menjadi salah satu tantangan besar dalam proses produksi pertanian yang harus diwaspadai dan diminimalisir dampak negatifnya. 

Dampak El Nino bagi pertanian Indonesia

1. Mengganggu musim tanam

El Nino merupakan fenomena alam yang dapat mengganggu musim tanam karena adanya perubahan pola cuaca. Oleh karena itu, petani harus siap untuk menghadapi penurunan luas tanam, menunda penanaman tanaman, hingga merasakan kegagalan dalam pemanenan.  

2. Kekeringan

Dampak lain dari fenomena El Nino adalah terjadinya kekeringan. Kejadian ini biasanya dikaitkan dengan adanya penurunan curah hujan dan peningkatan suhu permukaan laut di beberapa wilayah. Akibatnya, ketersediaan air untuk pertanian akan berkurang dan pertumbuhan tanaman akan sedikit banyak terhambat. 

3. Penurunan kualitas tanaman

Kondisi lain yang sering dikaitkan dengan El Nino adalah cuaca ekstrem. Suhu bumi yang meningkat dan pasokan air yang berkurang tentunya akan berdampak pada penurunan kualitas tanaman. Pada buah-buahan dan sayuran, kondisi tidak ideal akan membuat ukuran menjadi lebih kecil dan kualitas rasa yang tidak senikmat biasanya.

4. Penyakit dan hama

El Nino juga memiliki pengaruh dalam persebaran penyakit dan hama tanaman. Kondisi cuaca yang berubah akan menciptakan lingkungan yang dapat menguntungkan beberapa hama dan penyakit, sehingga penyebarannya menjadi lebih cepat dan luas. Oleh karena itu, banyak tanaman akan rusak dan hasil panen berkurang.

5. Ketidakstabilan pasar

Pada akhirnya, dampak yang jelas dirasakan oleh semua orang adalah ketidakstabilan harga dan pasokan hasil panen di pasar. Dalam hal ini, El Nino menyebabkan produksi pertanian berkurang karena adanya kegagalan panen, sehingga harga akan mengalami kenaikan bahkan hingga berkali-kali lipat.  

Setidaknya itulah lima dampak El Nino bagi pertanian yang perlu diwaspadai. Agar bisa mengurangi dampak tersebut, maka penting bagi petani maupun pemangku kepentingan untuk selalu memantau perkembangan cuaca dan segera mengambil tindakan pencegahan yang tepat secepatnya.
Ketahui 4 Bisnis Pertanian Menjanjikan di Tahun 2023 yang Bisa Kamu Coba melalui website Gokomodo sebagai inspirasi usaha sampingan dan dapatkan keuntungan berlipat ganda!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.