Diterbitkan 27 Jul 2023

Keunggulan Pupuk Clean Ammonia sebagai Pupuk Masa Depan

Agri Edu
pupuk clean ammonia

Pemupukan memang menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan kegiatan pertanian. Untuk itu, dalam memilih produk pupuk, jangan hanya mengutamakan produk yang dapat membantu tanaman menjadi lebih subur, namun sebisa mungkin juga harus tetap ramah lingkungan.

Sejalan dengan hal tersebut, saat ini mulai banyak pelaku industri yang mengutamakan penggunaan energi beremisi rendah. Salah satunya adalah menggunakan ammonium, yakni bahan baku pupuk Urea yang kini telah berkembang menjadi clean ammonia dengan jejak karbon yang rendah. 

Clean ammonia dibagi menjadi blue dan green ammonia. Keduanya diklaim menjadi salah satu sumber energi bersih baru yang diprediksi akan tumbuh sekitar 350 persen dari tahun 2020 hingga tahun 2050 mendatang. Bahkan, porsinga juga akan melebihi porsi grey ammonia yang sekarang masih banyak digunakan. 

Keunggulan Pupuk Clean Ammonia

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai clean ammonia, berikut adalah beberapa keunggulan yang dimilikinya 

1. Produksi dengan sumber energi terbarukan 

Kegiatan produksi dua jenis clean amonia diketahui menggunakan sumber energi terbarukan. Adapun proses untuk membuat blue ammonia akan melewati konversi grey ammonia menggunakan blue hydrogen dari pemisahan molekul air dengan sumber energi fosil seperti gas alam atau batu bara. 

Sedangkan untuk membuat green ammonia, akan menggunakan green hydrogen melalui proses elektrolisis air dengan sumber energi terbarukan, seperti tenaga surya, angin, dan panas bumi. 

2. Proses produksinya rendah karbon 

Proses pembuatan blue ammonia secara umum dapat menggunakan infrastruktur yang sudah ada tanpa perubahan yang berarti. Sebab, blue ammonia memiliki sifat yang hampir sama dengan grey ammonia. Namun, tetap ada perbedaan, yakni pada teknologi penangkapan dan penyimpanan karbon karena adanya proses pemisahan. 

Sementara itu, green ammonia yang diproduksi menggunakan sumber energi terbarukan akan menghasilkan listrik yang nantinya digunakan dalam proses elektrolisis air. Listrik akan diarahkan untuk memisahkan molekul air menjadi hidrogen dan oksigen, dimana hidrogen akan bereaksi dengan nitrogen atmosfer membentuk ammonia.  

3. Menjadi tempat untuk menyimpan energi 

Tak hanya karena alasan lingkungan, penggunaan clean ammonia juga bermanfaat untuk menyimpan energi seperti hidrogen dan listrik. Oleh karena itu, penggunaan energi dari hidrogen akan lebih mudah karena hidrogen dapat disimpan dalam bentuk yang tidak mudah terbakar atau tidak mudah rusak. 

Menariknya lagi, jika green ammonia dijadikan untuk menyimpan listrik, mereka tetap bisa diubah kembali menjadi listrik melalui proses pembakaran atau elektrokimia. Adanya berbagai keunggulan ini membuat clean ammonia sangat layak untuk dikembangkan. Untuk lebih menambah wawasan, mari Mengenal Alat Pertanian Modern untuk Petani dengan membaca artikelnya dj website Gokomodo. Cek sekarang, yuk!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.