Diterbitkan 14 Jul 2023

Kisah Mitra Gokomodo: Pernah Merugi, Kini Berhasil Mandiri

Figure

Wonosobo adalah daerah yang berada di Jawa Tengah yang terkenal akan wilayahnya yang memiliki potensi pertanian yang tinggi. Sebagai daerah yang terletak di sekitar gunung api muda, tanah di Wonosobo termasuk subur. Hal ini sangat mendukung perkembangan pertanian dan pemenuhan agri-input, sebagai mata pencaharian utama masyarakat Wonosobo. Toko Sumber Mulyo Tani adalah salah satu toko yang berada di Banaran, Wonosobo yang menjual berbagai pestisida, pupuk, dan kebutuhan pertanian lainnya. Pemilik Toko Mulyo Tani adalah Bapak Suparno yang sudah membuka toko sejak 2011. 

Perjalanan Toko Mulyo Tani

Pak Suparno pada awalnya membuka toko pertanian hanya untuk memenuhi kebutuhan petani sekitar dan sembari belajar akan ilmu pertanian. Kemudian sekitar 8 bulan mulai berani mengenalkan produk. Walau saat menjalankan toko cash flow tidak teratur, namun Pak Suparno mengatur agar tetap berjualan. Salah satu cara yang dilakukan Pak Suparno adalah dengan membangun relasi dan membantu sesama petani setempat sehingga muncul rasa kepercayaan dengan Toko Sumber Mulyo Tani.

Perjalanan Pak Suparno dalam menjalankan toko taninya tidaklah mulus. Sebelum berjualan secara mandiri, Pak Suparno pernah bergabung rekannya untuk menjual produk agri-input. Berjalan 4 tahun, hasil yang didapat merugi bahkan Pak Suparno merasa ditipu karena tidak sesuai dengan yang diharapkan. Akhirnya, Pak Suparno memutuskan untuk keluar dengan menyisakan hutang. Lalu, Pak Suparno mulai menata diri untuk mempersiapkan toko hingga satu tahun kemudian Toko Pak Suparno mulai berjalan baik dan hutang-hutang sebelumnya terlunasi.

Sekarang, Toko Sumber Mulyo Tani mampu mendatangkan 50-70 petani setiap harinya apalagi sejak bergabung dengan menjadi Mitra Gokomodo tahun 2022 lalu. Produk agri-input yang disediakan Gokomodo lebih beragam sehingga petani lebih mudah memilih sesuai kebutuhannya. Menurut Pak Suparno, semenjak bergabung dengan mitra Gokomodo tidak ada yang pernah komplain dengan produknya karena terbukti keasliannya.

Harapannya Pak Suparno selaku pemilik Toko Sumber Mulyo Tani, Pihak Gokomodo dapat membangun gudang yang banyak dan dekat daerah Wonosobo, sehingga pengiriman barang bisa sehari-hari. Sukses terus untuk Gokomodo Indonesia! Kamu bisa membaca artikel rekomendasi – Hari Ibu: Mengenal Ratnasih, Sosok Wanita Hebat Dibalik Toko Sinar Tani

whatsapp
twitter
facebook
linkedin