Diterbitkan 18 Jul 2023

Kombinasi Buah dan Sayur untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Lifestyle
Buah dan sayur

Masyarakat sudah terbiasa mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari dengan dalih baik untuk kesehatan. Terlebih keduanya memliki peran dalam meningkatkan daya tahan tubuh – Inilah Sumber Vitamin C pada Buah untuk Imunitas Tubuh

Sayur dan buah seringkali dikonsumsi setiap harinya. Sebenarnya hal ini tidak menimbulkan masalah pada tubuh. Ada cara lain untuk menikmati buah dan sayur sekaligus agar manfaatnya bisa optimal dalam tubuh. Salah satu caranya yaitu membuat jus dengan komposisi buah dan sayur yang tepat.

Komposisi jus sayur dan buah untuk meningkatkan imun tubuh

a. Kale, tomat, dan seledri. 

Tomat dan seledri mungkin sudah sering kita temui sehari-hari, sedangkan kale mungkin tidak semua orang tahu. Padahal, kale terkenal sebagai campuran jus sayur. Tomat mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan melawan radikal bebas. Seledri berperan sebagai anti inflamasi untuk mencegah peradangan pada tubuh.

b. Seledri dan pakcoy (bok choy)

Jus yang terbuat dari dua jenis sayuran ini tentunya mengandung nutrisi yang lebih lengkap dibandingkan membuatnya secara terpisah. Jika digabungkan, maka jus sayur ini memiliki kandungan vitamin A, C, dan K yang sangat tinggi. Tentunya jus ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan kolesterol dan darah tinggi, memelihara kesehatan mata, melancarkan pencernaan, serta meningkatkan imunitas.

c. Jeruk, wortel, dan apel hijau

Ketiga buah ini mampu melindungi tubuh dari infeksi yang menyerang. Jeruk dan apel hijau menyumbang vitamin C yang tentunya bagus untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sedangkan wortel terkenal dengan tingginya kadar vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata dan vitamin B6 untuk memproduksi antibodi. 

d. Jeruk dan buah rasa masam lainnya

Buah rasa masam termasuk buah yang tinggi akan vitamin C. Ketiga buah ini jika dipadukan mengandung kadar vitamin C yang sangat tinggi. Banyaknya vitamin C maka banyak juga antioksidan yang dihasilkan untuk melawan radikal bebas. 

e. Buah bit, wortel, jahe, dan apel.

Biasanya tanaman rimpang disajikan dalam bentuk minuman herbal hangat. Kali ini jahe yang bersifat hangat akan dibuat sebagai campuran untuk jus buah. Campuran jus ini membantu meningkatkan imunitas tubuh dan mengurangi peradangan.

Tunggu apalagi? Cobalah campuran buah dan sayur di atas untuk menghadapi musim pancaroba saat ini. Tapi ingat, jangan sekali-sekali menambahkan gula pada jus, ya! Menambahkan gula tidak baik untuk kadar gula dalam darah dan memicu gula darah tinggi. Simak artikel lain seputar manfaat produk agrikultur Indonesia melalui website Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin