Diterbitkan 25 Oct 2023

Manfaat Buah Naga: Super Food dengan Segudang Kandungan Bagi Tubuh

Lifestyle
manfaat buah naga

Apakah kamu familiar dengan superfood? Superfood merupakan makanan yang mengandung nutrisi tinggi dan rendah kalori. Superfood menjadi salah satu tren gaya hidup sehat karena membantu mengurangi resiko serangan penyakit jantung, stroke, dan kanker. Jenis makanan yang termasuk dalam kategori superfood adalah kelompok makanan nabati, ikan-ikanan, dan produk olahan susu. Salah sumber pangan yang termasuk superfood yaitu buah naga. Mengapa demikian?

Alasan utama buah naga termasuk dalam katergori superfood yaitu memilki nutrisi dan metabolit sekunder dalam jumlah banyak. Metabolit sekunder yang  terkandung dalam buah naga antara lain flavonoid dan asam fenolat yang berperan sebagai antioksidan. Lebih lengkapnya, berikut kandungan gizi yang terkandung dalam 227 gram buah naga:

Kalori : 136 kkal

Protein : 3 gram

Karbohidrat : 29 gram

Serat : 7 gram

Zat besi : 8% dari AKG (Angka Kecukupan Gizi)

Mg : 18% dari AKG

Vitamin C : 9% dari AKG

Vitamin E : 4% dari AKG

Mengenal Jenis Buah Naga

Secara umum, buah naga memiliki kulit berwarna merah cerah dan memiliki daging buah berbintik hitam. Tentu saja penampilan ini unik. Ditambah lagi rasa buahnya yang manis. Ternyata, ada banyak jenis buah naga yang sering ditemui, seperti:

  1. Hylocereus udantus

Buah naga ini dikenal sebagai buah naga putih. Sesuai dengan namanya, buah naga ini memilki daging buah berwarna putih, kulit buah yang berwarna merah dan bersisik. Berat jenis buah naga ini berkisar 400-650 gram. Rasa manis buah naga putih ada pada level 10-13 briks.

  1. Hylocereus polyrhizus

Nah, jenis buah naga ini sering dimakan oleh manusia. Buah naga jenis ini memiliki daging merah keunguan dan kulit berwarna merah. Berat jenis buah naga merah yaitu 400 gram. Buah naga merah memilki rasa yang lebih manis dibandingkan buah naga putih dengan tingkat kemanisan 13-15 briks.

  1. Hylocereus costaricensis

Disebut juga sebagai buah naga super merah. Buah naga super merah memilki warna yang lebih merah dibandingkan buah naga merah biasa. Buah naga super merah memilki berat rata-rata 400-500 gram. Tingkat kemanisannya sama dengan jenis buah naga merah biasa.

  1. Selenicereus megalanthus
Sumber: Mens Health

Buah naga jenis ini disebut sebagai yellow pitaya. Julukan ini berdasarkan daging buah naga yang berwarna kuning dan memilki kulit tanpa sisik. Ukurannya pun lebih kecil dibandingkan jenis buah naga lainnya. Berat rata-ratanya yaitu 80-100 gram. Buah naga kuning memilki tingkat kemanisan paling tinggi diantara jenis lainnya dengan tingkat 15-18 briks.

Manfaat buah naga yang terkandang

Meskipun terdiri dari berbagai jenis, kandungan nutrisi buah naga tidak terlalu berbeda antara satu jenis dan jenis yang lainnya. Lalu, apa saja manfaat kandungan buah naga?

  1. Vitamin C

Vitamin C pada buah naga berperan sebagai antioksidan. Antioksidan sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, merangsang pembentukan kolagen yang baik untuk kesehatan kulit, menjaga daya tahan tubuh, dan memudahkan penyerapan zat besi di dalam tubuh. 

  1. Vitamin B2 dan B3

Kedua jenis vitamin B ini berperan sebagai agen pelancar metabolisme tubuh dan memelihara tubuh. Manfaat lain dari jenis vitamin ini adalah membantu meringankan migrian, katarak, preeklampsia, penyakit jantung, dan memelihara kesehatan saraf.

  1. Magnesium

Magnesium pada buah naga membantu mencegah dan meringankan kram otot, meningkatkan stamina, memelihara kesehatan serta fungsi jantung, hingga menurunkan tekanan darah. Tidak hanya itu saja, magnesium juga penting untuk menurunkan resiko depresi, diabetes, gejala migrain, sindrom pramenstruasi, diabetes, dan hipertensi. 

  1. Zat besi

Ketersediaan zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh. Zat besi membantu memproduksi sel darah merah. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia zat besi.

  1. Kalsium

Kalsium berperan untuk memelihara kesehatan tulang, sendi, jantung, otot, dan saraf. 

  1. Antioksidan

Kandungan yang sangat penting bagi tubuh untuk memberikan perlindungan tubuh dari radikal bebas dengan cara melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan. 

Sekarang sudah tahu kan buah naga ternyata sangat bermanfaat bagi tubuh? Salah satu cara menyimpan buah naga yaitu dengan membekukannya di lemari es agar nutrisinya terjaga – Konsumsi Buah dan Sayur Beku Ternyata Bernutrisi, Loh! Temukan tips hidup sehat dengan mengonsumsi sayur dan buah pada artikel yang tersedia di website Gokomodo!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin