Diterbitkan 2 Aug 2023

Manfaat Bunga Herbal untuk Kesehatan Tubuh

Lifestyle
bunga herbal

Teh umumnya terbuat dari tanaman dan digunakan bagian daunnya, meskipun ada beberapa jenis teh yang memanfaatkan bagian tanaman lain seperti bunga. Bunga yang biasa dimanfaatkan untuk minuman seperti bunga calendula, melati, telang, dan masih banyak lagi – Kenali 10 Tanaman Herbal untuk Membuat Teh yang Menyehatkan. Apabila kamu gemar minum teh, tidak ada salahnya mencoba menyeduh bunga unik berikut ini

Bunga herbal yang dijadikan teh

a. Rosella

Teh rosella merupakan teh hasil seduhan bunga rosella. Teh rosella bisa dikonsumsi panas maupun dingin. Rasanya pun menyerupai buah cranberry. Tentu saja teh rosella bermanfaat untuk tubuh sebagai penghambat penyerapan lemak jenuh dan menurunkan LDL di dalam tubuh.

b. Saffron

Bunga saffron banyak di impor dari negara Timur Tengah. Konsumsi bunga saffron di Indonesia sempat menjadi bagian lifestyle. Bunga saffron bermanfaat sebagai antioksidan, kaya akan mineral untuk tubuh, dan memperbaiki sel kulit dengan cepat

c. Bergamot

Bergamot memiliki aroma buah jeruk yang menyegarkan. Tidak disangka daunnya bisa diolah menjadi teh. Kebanyakan tanaman bergamot dimanfaatkan menjadi minyak bergamot lalu dicampurkan pada teh Earl Grey yang memberikan rasa teh yang unik. Aroma bunga bergamot dapat mengurangi stres dan menenangkan suasana hati. 

d. Mawar

Ternyata dibalik keindahannya, bunga mawar dapat diseduh dan dinikmati layaknya teh. Kelopak bunga mawar diseduh ketika masih segar maupun kering. Manfaat teh mawar yaitu untuk saluran pencernaan, meredakan nyeri menstruasi, menjaga hidrasi, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Chamomile

Beberapa tahun lalu sempat ramai penggunaan chamomile sebagai campuran produk skincare. Bunga chamomile yang diminum langsung juga berdampak baik pada tubuh. Manfaat bunga chamomile antara lain menjaga kesehatan saluran cerna, anti-inflamasi, dan mengurangi stres.

Membuat minuman herbal tidak selalu menggunakan rimpang. Memang rimpang memiliki segudang manfaat untuk menyembuhkan dari segala macam penyakit. Menyeduh bunga tanaman herbal juga menjadi alternatif dan gaya baru mengonsumsi teh. Apa kamu pecinta tanaman herbal? Tambah wawasanmu dengan membaca artikel di website Gokomodo setiap hari!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin