Diterbitkan 6 Dec 2023

Mengenal Agrowisata Berkelanjutan beserta Aspek Pengembangannya

Agri Edu
Agrowisata berkelanjutan

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi besar untuk mengembangkan wisata berbasis pertanian dan perkebunan. Sumber daya alam yang dirawat dengan baik akan menambah nilai ekonomi, sehingga diharapkan dapat membawa manfaat yang lebih besar bagi masyarakat dan semua pihak yang terlibat.

Wisata berbasis pertanian dan perkebunan juga dikenal sebagai agrowisata merupakan suatu rangkaian kegiatan wisata yang dilakukan dengan memanfaatkan potensi pertanian sebagai objek wisata. Potensi yang dimaksud meliputi pemandangan alam kawasan pertanian, ciri khas dan aktivitas produksi yang dilakukan, serta budaya masyarakat sekitar. 

Mengenal Agrowisata Berkelanjutan

Kegiatan agrowisata memiliki tujuan untuk memperluas wawasan pengetahuan dan pengalaman rekreasi di bidang pertanian, yang meliputi perkebunan, tanaman pangan, hortikultura, perikanan, peternakan, perhutanan, dan sumber daya pertanian. Dalam pengembangannya, agrowisata dituntut untuk mewujudkan tahap pengembangan pariwisata berkelanjutan atau Sustainable of Tourism Development.

Sustainable of Tourism Development merupakan prinsip pengembangan yang didasarkan pada keseimbangan aspek dan pengembangan serta berorientasi ke depan (jangka panjang). Prinsip ini meliputi nilai manfaat yang besar bagi masyarakat setempat, serta pengelolaan aset atau sumber daya yang tidak merusak dan berkelanjutan jangka panjang, baik secara sosial, budaya, ekonomi, maupun pengembangan pariwisatanya. 

Sebagai contoh, penerapan agrowisata berkelanjutan adalah mengurangi penggunaan bahan-bahan kimia untuk mencegah dampak buruk yang akan terjadi pada lahan. Petani dan pengelola dapat menggunakan pupuk kompos dari bahan organik agar keaslian tanah tetap terjaga dan produk agrowisata yang dihasilkan tetap aman dikonsumsi oleh wisatawan.

Sumber: IStock

Penerapan agrowisata berkelanjutan tentunya akan membawa manfaat yang lebih besar bagi semua pihak. Alam akan tetap lestari karena selalu dirawat, pengunjung merasa lebih nyaman ketika berwisata dan tidak khawatir mengonsumsi produk agrowisata karena terbukti organik, hingga petani dan pengelola yang mendapatkan pemasukan melimpah karena tingginya antusiasme masyarakat dalam berwisata.

Aspek dalam Pengembangan Agrowisata

Dalam mengembangkan agrowisata berkelanjutan, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan dengan baik, antara lain:

  • Bisnis harus dijalankan secara bertanggung jawab sehingga kerjasama antara unsur pemerintahan dan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan penduduk lokal.
  • Mempercayakan pemanfaatan sumber energi, melindungi tumbuh-tumbuhan dan binatang liar, serta menyesuaikan dengan lingkungan alam dan budaya.
  • Menekan kemungkinan dampak negatif yang dikhawatirkan dapat merusak alam dan kebudayaan setempat agar tidak merusak daerah tujuan wisata.
  • Selalu memberikan pembelajaran dan mengingatkan wisatawan mengenai pentingnya suatu pelestarian.
  • Keuntungan ekonomi harus diarahkan secara langsung untuk tujuan pelestarian, manajemen sumberdaya alam, dan kawasan yang dilindungi.
  • Mendorong usaha-usaha dalam meningkatkan manfaat ekonomi, baik untuk negara, pebisnis, serta masyarakat lokal.
  • Mengusahakan agar perkembangan yang terjadi tidak melampaui batas-batas sosial dan lingkungan yang diterima oleh penduduk lokal.
  • Mengutamakan kebutuhan zona pariwisata regional, serta penataan dan pengelolaan tanaman-tanaman untuk tujuan wisata di kawasan-kawasan wisata.
  • Memberikan penekanan pada kegunaan studi-studi berbasiskan lingkungan dan sosial, dan program-program jangka panjang.

Adapun manfaat dari tumbuhnya agrowisata di suatu tempat adalah dapat meningkatkan konservasi lingkungan, memberikan nilai rekreasi terhadap suatu tempat, meningkatkan nilai estetika, keindahan alam, kegiatan ilmiah, dan pengembangan ilmu pengetahuan, serta mendapatkan keuntungan ekonomi yang lebih besar. Dari manfaat tersebut, tak heran jika agrowisata dikenal sebagai bentuk pariwisata yang strategis dalam perekonomian sekaligus dalam pelestarian lingkungan. 

Demikian informasi mengenai apa itu agrowisata yang dijalankan secara berkelanjutan beserta aspek-aspek dalam pengembangannya yang perlu diperhatikan. Informasi seputar pertanian menarik lainnya dapat kamu baca di website Gokomodo, seperti Optimalisasi Perkebunan Sawit Rakyat dengan Teknologi Berkelanjutan. Selamat membaca!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin