Diterbitkan 13 Jun 2024

Mengenal Bagian, Cara Kerja, dan Harga Gerobak Dorong atau Angkong

Agri Edu
Harga gerobak dorong

Gerobak dorong atau yang sering dikenal sebagai angkong merupakan alat sederhana tapi memiliki fungsi penting dalam berbagai bidang usaha, termasuk pertanian. Angkong akan membantu penggunanya untuk memindahkan suatu barang dari satu tempat ke tempat lain dengan lebih mudah sekalipun cukup berat.

Sebelum memilikinya, pastikan kamu mengetahui setiap detail bagian-bagian gerobak dorong atau angkong agar bisa memaksimalkan fungsinya. Simak ulasan berikut untuk mengenal bagian-bagian, cara kerja, hingga rekomendasi produk dengan harga gerobak dorong terbaik yang bisa kamu pilih.

Bagian-bagian Gerobak Dorong

1. Tuas Pegangan

Tuas pegangan bisa dikatakan sebagai alat bantu pengguna untuk mengendalikan arah laju gerobak dorong saat membawa barang. Oleh karena itu, bagian tuas pegangan ini biasanya dilengkapi dengan karet anti slip yang menjaga stabilitas penggunaan. 

2. Bak Gerobak

Bagian utama gerobak dorong terletak pada bak gerobak yang menjadi tempat untuk meletakkan barang yang akan dipindahkan. Ukuran bak gerobak ini cukup bervariasi sehingga pengguna bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dimensi barang.

3. Roda

Sebagaimana alat bantu transportasi lainnya, gerobak dorong dilengkapi dengan roda yang akan mengurangi beban selama proses pemindahan barang. Pastikan untuk selalu memperhatikan kondisi ban pada roda terutama pada pengisian angin agar gerobak dorong dapat bekerja lebih optimal.

4. Kaki Penyangga

Bagian lain yang tak kalah penting adalah kaki penyangga yang berfungsi untuk menahan kesembangan gerobak sehingga dapat membuat bak dalam kondisi berdiri. Dengan adanya kaki penyangga ini, gerobak dorong dapat berdiri secara sejajar sehingga gerobak dorong bisa dengan mudah dioperasikan seorang diri.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Cara kerja gerobak dorong mengadopsi cara kerja pengungkit atau tuas jenis kedua dimana beban (W) yang berada di atas gerobak berada di antara kuasa (F) dan titik tumpu (T). Saat digunakan, roda berperan sebagai titik tumpu sehingga dapat mengubah beban yang berat pada bak gerobak menjadi lebih ringan.

Rekomendasi Produk Gerobak Dorong

Tingginya permintaan pasar akan produk gerobak dorong membuat banyak produsen menawarkan produk terbaiknya. Diantara berbagai pilihan produk yang tersedia, Angkong Stark mungkin bisa menjadi pilihan – Angkong Stark: Pahlawan Dalam Membantu Petani Indonesia dari Gokomodo.  

Ada banyak keunggulan yang dimiliki gerobak dorong keluaran Gokomodo ini, berikut diantaranya:

  • Angkong Stark memiliki ukuran yang ideal untuk berbagai jenis pekerjaan yakni 90 cm x 64 cm x 24 cm. Dengan ukuran tersebut, pengguna dapat leluasa mengangkat beban dan tetap stabil selama penggunaan.
  • Tuas pada Angkong Stark dilapisi dengan karet anti slip sehingga pengguna bisa mengangkut barang berat dengan nyaman meski saat tangan sedang berkeringat.
  • Pemilihan roda yang digunakan pada Angkong Stark sangat tepat karena memiliki pola khusus sehingga aman dalam berbagai medan lintasan.
  • Harga gerobak dorong yang ditawarkan untuk mendapatkan Angkong Stark sangat terjangkau dan cukup bersaing di bidangnya, yakni berkisar Rp400 ribuan saja.

Itu dia sekilas informasi mengenai gerobak dorong atau angkong yang banyak digunakan dalam dunia pertanian. Jika kamu tertarik untuk membelinya, segera kunjungi GokoMart terdekat, baik di GokoMart Bodok, GokoMart Nanga Tayap, ataupun GokoMart Muara Telang. Selain harganya terjangkau, kamu juga akan mendapatkan produk berkualitas, lho. Yuk, belanja sekarang!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.