Diterbitkan 30 Jun 2023

Pasca Idul Adha, Konsumsi Buah dan Sayur Ini untuk Cegah Kolesterol

Lifestyle
Buah dan sayur

Ada beberapa cara mencegah kolesterol tinggi pasca Hari Raya Idul Adha. Selain rajin berolahraga dan menghentikan kebiasaan merokok, kamu juga perlu mengatur pola makan yang sehat. Untuk membantumu menentukan apa saja makanan sehat seperti buah dan sayur yang bisa membantu cegah kolesterol, simak ulasan berikut ini.

Buah dan sayur untuk menurunkan kolestrol

1. Pisang 

Pisang menjadi salah satu buah penolong bagi penderita kolesterol. Pasalnya, buah berwarna kuning ini mengandung insulin yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Oleh karena itu, kamu bisa mengonsumsi buah ini untuk meredakan kenaikan kolesterol pasca Idul Adha.

2. Wortel 

Kandungan selulosa, hemiselulosa, serta lignin pada wortel rupanya dapat membantu memperbaiki penyerapan kolesterol di saluran pencernaan. Dengan demikian, konsumsi wortel saat Idul Adha sangat dianjurkan untuk membantu mengurangi kadar kolesterol di dalam darah. 

3. Lobak 

Memiliki bentuk yang hampir sama dengan wortel, lobak juga mengandung serat yang tinggi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Menariknya lagi, lobak juga mampu menurunkan risiko penyakit diabetes maupun penyakit hipertensi.

4. Kacang-kacangan 

Konsumsi kacang-kacangan seperti almond dan kenari juga dapat menurunkan kadar kolesterol karena adanya senyawa fitosterol. Senyawa ini akan menghalangi penyerapan kolesterol di usus, sehingga kadar kolesterol kembali stabil.

5. Alpukat 

Buah alpukat juga termasuk makanan yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Buah berwarna hijau ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan serat, sehingga mampu membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). 

6. Cokelat Hitam dan kakao 

Cokelat hitam merupakan makanan yang terbuat dari kakao, yang juga dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol. Baca artikel Mengenal Kakao, Tanaman Penghasil Coklat yang Lezat untuk informasi selengkapnya. Cokelat hitam dan kakao dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL), meningkatkan kolesterol baik (HDL), dan menurunkan tekanan darah. Oleh karena itu, konsumsinya sangat dianjurkan.

Menjaga pola makan sehat saat dan pascaHari Raya Idul Adha memang sangat penting. Sebab, konsumsi daging dan lemak berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Selalu jaga kesehatan tubuh dan kunjungi website Gokomodo untuk mendapatkan artikel penting lainnya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin