Diterbitkan 8 Dec 2023

Pentingnya Budidaya Padi Bebas Residu

Agri Edu
Padi Bebas residu

Pertanian sehat di Indonesia sedang menjadi idaman dikarenakan pola hidup masyarakat sudah meningkat ke arah lebih sehat, sehingga budidaya pertanian secara sehat menjadi keharusan. Pertanian sehat adalah proses budidaya  tanaman yang memprioritaskan pada penggunaan bahan-bahan alami yang ramah  lingkungan dengan tetap menjaga  produktifitas dan kualitas hasil pertanian. Penerapan pertanian sehat mulai digalangkan dengan budidaya padi bebas residu.

Tujuan Pertanian Sehat

Tujuan utama dari pertanian sehat adalah menghilangkan ketergantungan petani terhadap penggunaan sarana pertanian kimia sintetik. Walau bebas dari bahan kimia namun tetap menjaga tingkat produktifitas pertanian petani. Budidaya pertanian ini dapat membantu mengembalikan kesuburan dan kesehatan lahan pertanian. Tidak hanya hasil panen yang sehat, ekosistem dan keanekaragaman hayati menjadi lestari dalam jangka yang panjang

Tujuan budidaya pertania secara sehat dapat dilaksanakan dengan penggunaan teknologi pertanian yang mendukung. Berikut teknologi yang dapat digunakan:

  1. Menggunakan benih bersertifikat dengan tingkat produktifitas dan kualitas tinggi.
  2. Mengembalikan limbah organik pertanian seperti jerami dan sekam ke lahan pertanian.
  3. Pengolahan lahan yang baik.
  4. Penanaman bibit padi maksimal 2 batang per lubang dengan sistem legowo
  5. Pemupukan dengan menggunakan pupuk organik
  6. Penggunaan pupuk kimia sintetik yang mengandung nitrogen seperti urea  ebagai pupuk awal (starter) dengan dosis berdasarkan analisa kandungan hara lahan.
  7. Penyiangan manual secara mekanik tidak boleh menggunakan herbisida.
  8. Pengendalian hama dan penyakit tanaman dengan menggunakan pestisida nabati ataupun pembasmian secara hayati
  9. Tidak diperbolehkan  menggunakan pestisida kimia sintetik.
  10. Penambahan pupuk kimia sintetik susulan hanya jika dibutuhkan berdasarkan penggunaan standar warna daun.
  11. Pemanenan dilakukan berdasarkan standar varietas dan lokasi penanaman.
  12. Penanganan pasca panen dilakukan  secara profesional dengan mengurangi tingkat kehilangan hasil maksimal 5%.

Penerapan Padi Bebas Residu Sebagai Awal Mula Pertanian Sehat

Dengan cara budidaya padi bebas residu sebagai pertanian sehat, dampak negatif penggunaan pestisida terhadap kesehatan dan lingkungan dapat dikurangi. Oleh karena itum, budidaya padi jenis ini perlu digalakkan terutama ditujukan terhadap kualitas hasil gabah atau beras.

Disebut padi bebas residu lantaran padi tersebut dipupuk dengan menggunakan bahan organik dan bio pestisida non organik. Sehingga bebas dari bahan kimia dan tentu sehat. Padi bebas residu ini sudah diterapkan dan dibudidayakan di beberapa tempat dan wilayah yang lain.

Keuntungan penerapan padi bebas residu ialah dapat memberikan keuntungan ekonomis kepada petani secara langsung. Keuntungan ini didapat dengan mengurangi biaya pestisida dan pupuk kimia sehingga produktifitas yang didapat sama. Kemudian dengan manfaat yang didapat mengembalikan kesehatan dan  kesuburan tanah. Tak kalah pentng, beras yang di panen dari budidaya padi ini ialah menyehatkan petani dan  konsumen.

Nah, itulah seputar pertanian sehat seputar padi bebas residu yang perlu kamu ketahui. Kamu bisa membaca artikel menarik lainnya hanya melalui website Gokomodo, ya! Baca lainnya – Mengenal Agrowisata Berkelanjutan beserta Aspek Pengembangannya.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin