Diterbitkan 13 Aug 2024

Penyakit Penyerang Tumbuhan Ini Patut Diwaspadai Oleh Kamu!

Agri Edu
Penyakit Penyerang Tumbuhan

Serangan penyakit pada tanaman budidaya membuat petani senantiasa waspada. Penyebab penyakit yang menyerang tanaman ini juga bermacam-macam, mulai dari kekurangan nutrisi hingga organisme pengganggu.

Beda jenis tanaman, maka beda pula jenis penyakit yang menyerangnya. Untuk mengendalikannya pun membutuhkan teknis yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kamu wajib mengetahui beberapa jenis penyakit yang umumnya menyerang tanaman budidaya dan bagaimana cara menanggulanginya. Simak ulasan berikut ini sampai selesai yah.

Sumber: iStock

Penyakit pada Padi

  1. Hawar Daun

Penyakit hawar daun disebabkan oleh bakteri Xanthomonas campestris yang dapat berdampak pada turunnya hasil panen secara signifikan. Gejala yang ditimbulkan dari bakteri ini berupa warna daun menjadi kelabu, melipat, dan menggulung hingga layu. Penyakit ini menyerang saat musim hujan atau musim kemarau basah sehingga untuk menghindarinya perlu dilakukan sistem pemberian air yang tepat.

  1. Fusarium

Jamur Fusarium moniliforme menyerang malai dan biji muda tanaman padi, membuatnya menjadi kecoklatan, daun terkulai, dan akar membusuk. Jangan tunggu sampai parah, apabila kamu melihat tanda-tanda ini, segera lakukan pengendalian dengan merenggangkan jarak tanam menggunakan pola tanam jajar legowo.

  1. Tungro

Hama wereng hijau atau Nephotettix impicticeps merupakan media penyebaran virus yang menyebabkan penyakit tungro. Penyebaran virus pada tanaman padi akan membuatnya menjadi kerdil. anakan berkurang, daun menguning, malai kecil, dan padi hampa. Untuk menghindari penyakit ini, pilih bibit padi unggulan yang tahan hama wereng seperti jenis Kelara.

Penyakit pada Tembakau

  1. Patik

Perhatikan daun tembakau, jika terlihat bercak kecil berwarna coklat muda dengan bintik hitam di tengahnya, itu berarti tanaman tembakau sedang terserang penyakit Patik. Awal mula penyakit ini disebabkan oleh Cercospora nicotianae yang berkembang pada suhu dan kelembaban tinggi sehingga dapat mengakibatkan nekrosis pada daun.

  1. Lanas

Penyakit Lanas ditandai dengan layunya tanaman secara tiba-tiba, padahal seluruh daun masih nampak hijau. Penyakit yang disebabkan oleh Phytophthora nicotianae. Ketika dicabut, kamu akan mendapati pangkal batang terlihat coklat meskipun perakaran masih terlihat sehat dan saat dibelah, empulurnya terlihat bersekat-sekat. Meski perkembangan penyakit ini lambat, namun tetap berbahaya bagi tanaman tembakau.

Penyakit pada Jagung

  1. Hawar Daun

Penyakit hawar daun atau karat daun juga menyerang tanaman jagung. Terbagi menjadi 3, yaitu Hawar Daun Tucicum, Hawar Daun Maydis, dan Hawar Daun Corbonum. Penyebab penyakit hawar daun pada jagung adalah cendawan Drechslera zeicola. Untuk mengendalikannya, gunakan fungisida atau lakukan perawatan suhu panas selama 17 menit dengan suhu 55 derajat celcius.

  1. Bulai

Penyakit lain pada daun yang menyerang tanaman jagung adalah Bulai. Disebabkan oleh cendawan Sclerospora maydis. Gejala yang ditimbulkan berupa daun berwarna kuning keputih-putihan bergaris sejajar dengan urat daun dan tampak kaku. Untuk mengatasinya, berikan Ridomil 35 SD pada saat masih benih agar tidak tumbuh jamur pada biji jagung – Jangan Sampai Salah Pilih! Gunakan Fungisida Ini untuk Berantas Penyakit Bulai Jagung

  1. Busuk Pelepah

Busuk pelepah ditandai dengan gejala bercak berwarna agak kemerahan yang kemudian berubah menjadi abu-abu. Bercak yang meluas seringkali diikuti pembentukan sklerotium berbentuk tidak beraturan berwarna putih kemudian menjadi coklat. Penyebab penyakit ini adalah Rhizoctonia solani yang dapat dicegah dengan memilih bibit jagung unggulan yang tahan akan penyakit tersebut.

Beberapa penyakit tanaman budidaya yang sudah dijelaskan di atas penting untuk diwaspadai, mengingat efeknya yang sangat besar terhadap tumbuh kembang tanaman. Jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat, serangan penyakit tersebut bisa berakibat fatal sampai terjadinya gagal panen. Nah, selain dengan cara teknis, kamu juga bisa mengendalikan penyakit-penyakit tanaman budidaya ini dengan cara kimia, yaitu dengan menyemprotkan larutan pestisida. Tak perlu bingung mencari pestisida yang kamu butuhkan, GokoMart menyediakannya dengan lengkap. Belanja produk pertanian berkualitas? Ingat GokoMart pastinya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin