Diterbitkan 9 May 2024

Potensi Agrowisata di Masa Depan, Pilihan Tempat Berlibur Ramah Keluarga

Infografik
Agrowisata

Istilah agrowisata mulai ramai diperbincangkan karena menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Namun, tahukah kamu istilah salah satu ini? Berdasarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Pertanian dan Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi Nomor: 204/KPTS/30HK/050/4/1989 dan Nomor KM. 47/PW.DOW/MPPT/89 Tentang Koordinasi Pengembangan Wisata Agro, dijelaskan bahwa agrowisata merupakan suatu bentuk kegiatan pariwisata yang memanfaatkan usaha agro sebagai objek wisata dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan, perjalanan, rekreasi, dan hubungan usaha di bidang pertanian.

Dari pengertian di atas, dapat dipahami bahwa agrowisata merupakan suatu bentuk kegiatan yang tidak hanya menjadi tempat rekreasi dan berlibur, melainkan juga memberikan edukasi pertanian kepada masyarakat. Selain itu, keberadaan agrowisata juga sering dikaitkan dengan upaya untuk menjaga serta melestarikan lingkungan di suatu wilayah.

Potensi Agrowisata di Masa Depan

Tingginya antusiasme masyarakat terhadap wisata berbasis pertanian membuat pengembangan kawasan agrowisata masih memiliki potensi besar untuk dikembangkan di Indonesia. Potensi ini nantinya juga akan mendatangkan lebih banyak wisatawan, baik dari dalam ataupun luar negeri, sehingga roda perekonomian akan berputar lebih optimal.

Potensi ini tentunya didukung oleh kondisi geografis dan bentang alam Indonesia yang sangat indah. Mulai dari pesisir pantai hingga daerah pegunungan, jika dikelola dengan tepat, maka Indonesia akan menjadi destinasi pilihan para pelancong dari berbagai belahan dunia.  

Destinasi Agrowisata di Indonesia

Saat ini, sudah banyak destinasi agrowisata di Indonesia yang bisa kamu kunjungi. Nah, berikut adalah beberapa pilihan yang bisa kamu coba.

  • Jogja Agro Techno Park – Yogyakarta

Jogja Agro Techno Park atau JATP merupakan komplek terpadu yang dibangun sebagai sarana media edukasi pertanian pada masyarakat. Kawasan ini dibangun pada tahun 2018 di Desa Wijilan, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo. 

Disana, kamu bisa menemukan Taman Biofarmaka, Taman Durian Menoreh, Zona Kandang dan Kolam Ikan, Greenhouse, Zona Edukasi Bercocok Tanam, serta banyak fasilitas menarik lainnya.

  • Agrowisata Kebun Teh Rancabali – Bandung

Agrowisata Kebun Teh Rancabali merupakan pilihan destinasi berikutnya yang terletak di dataran tinggi dengan ketinggian 1628 mdpl. Wisata ini dimiliki PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII yang terdiri dari area perkebunan, tempat bermain, hingga penginapan dan kolam pemandian air panas.

  • Agrowisata Kopeng Gunungsari – Kabupaten Semarang

Jika kamu mencari destinasi dengan pemandangan indah dan udara yang sejuk, Agrowisata Kopeng Gunungsari bisa menjadi pilihan. Terletak di kaki Gunung Merbabu, kamu bisa menikmati taman bunga, wisata petik dan makan jambu, hingga camping ground bersama keluarga.

  • Bagus Agro Pelaga – Bali

Terakhir ada Bagus Agro Pelaga yang terletak di Desa Pelaga, dengan ketinggian 950 mdpl. Tempat ini tak hanya menarik minat wisatawan lokal, melainkan juga para turis asing. Kamu bisa melihat proses pembibitan, penanaman, hingga cara perawatan tanaman, serta memetik langsung buah dan sayuran jika sedang musim panen tiba.

Itulah beberapa destinasi agrowisata di Indonesia yang bisa kamu jadikan tujuan wisata bersama keluarga. Dapatkan informasi menarik lainnya seputar dunia pertanian, seperti Inilah Potensi Agrikultur di Indonesia Berdasarkan Subsektornya di website Gokomodo!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.