Diterbitkan 3 Jul 2023

Program Tumpang Sari Untuk Peningkatan Produktivitas Kelapa Sawit

Agri Edu
produktivitas kelapa sawit

Melihat tingginya permintaan pasar terhadap minyak sawit, tentu dibutuhkan upaya untuk meningkatkan produktivitasnya. Akan tetapi, perluasan lahan tidak bisa dilakukan terus menerus karena dinilai merusak alam bagi sebagian kelompok. Untuk itu, perlu upaya lain untuk mengoptimalisasi lahan yang sudah ada saat ini.

Tumpang sari bantu tingkatkan produktivitas kelapa sawit

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah sistem tumpang sari. Pemimpin Umum Media Perkebunan mengungkapkan bahwa produktivitas kebun kelapa sawit rakyat masih dibawah perusahaan. Kebun kelapa sawit rakyat baru mampu menghasilkan 3 ton CPO/ha/tahun sementara perusahaan sudah mencapai 6 ton CPO/ha/tahun.

Potensi benih sawit yang ada seharusnya bisa meningkatkan produktivitas hingga 9-12 ton CPO/ha. Sehingga, petani masih memiliki kesempatan untuk meningkatkan produktivitas tanpa perlu perluasan lahan, yakni dengan cara intensifikasi yang efisien. Intensifikasi diperlukan juga sarana dan prasarana yang mumpuni untuk mencapai produktivitas yang dicapai.

BPDPKS juga turut menyalurkan dana untuk Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) dan menyediakan sarana prasarana untuk meningkatkan produktivitas sawit atas rekomendasi dari Ditjenbun. Bahkan tak hanya menunggu, BPDPKS juga terus berkoordinasi dengan Ditjenbun guna mengoptimalkan penyaluran dana yang ada.

Petani selama Tanaman Belum Menghasilkan (TBM), maka perlu dilakukan program tumpang sari. Tumpang sari bisa dilakukan pada masa TBM 1 (usia 1 tahun) dan TBM 2 (usia 2 tahun) untuk mendapatkan penghasilan yang ada. Pemilihan tanaman tumpang sari juga harus diperhatikan, kategori tanaman untuk tumpang sari adalah yang mudah dipanen, harga bersaing dan waktu panen yang cepat.

Sayangnya program tumpang sari ini belum bisa dilaksanakan secara menyeluruh. Hal ini karena masih ada beberapa pekebun yang menolak melakukannya. Alasannya karena fisiografis dan kesuburan tanah yang kurang, serta karena adanya kendala pada saat pemasaran.

Demikian informasi mengenai upaya meningkatkan produktivitas kelapa sawit melalui program tumpang sari. Banyak hal yang bisa kamu ketahui seputar kelapa sawit, kamu bisa baca artikel Industri Kelapa Sawit Mampu Berpartisipasi dalam Pertanian Cerdas Iklim yang ada di website Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin