Diterbitkan 11 Jun 2024

Pusing Mikirin Hama Wereng Meresahkan? Basmi Pake Obat Ampuh Ini, Yuk!

Agri Edu
Hama wereng

Hama wereng banyak ditemukan menyerang tanaman pangan, salah satunya padi. Wereng coklat menjadi tamu langganan pada ladang padi. Biasanya wereng coklat akan menyerang tanaman padi saat berusia 15 hari setelah tanam. Gejalanya baru terlihat pada saat tanaman padi berusia 20-40 hari setelah tanam. Hama ini menyerang tanaman padi dengan cara menghisap cairan pada batang padi. Lalu, apa saja ciri-ciri padi yang terkena hama wereng?

  • Tanaman padi mulai berwarna kekuningan hingga membuat satu area persawahan berwarna menjadi kuning.
  • Terdapat infeksi virus pada tanaman, karena hama ini mampu menularkan virus.
  • Terdapat embun madu dan jamur pada bagian yang terinfeksi hama.
  • Jika serangan cukup berat, tanaman padi akan layu dan mati kekeringan atau menyerupai padi kering yang terbakar.

Pengendalian hama yang baru saja menginvasi persawahan dapat dilakukan secara hayati dan mekanis – Cara Pengendalian Hama Wereng yang Perlu Kamu Tahu. Bagaimana cara mengendalikan serangan berat hama wereng? Jika serangan sudah berat, tidak mungkin melakukan pengendalian dengan cara mekanik maupun hayati. Saatnya beralih dengan obat ampuh untuk membasmi hama. Berikut rekomendasi obat ampuh untuk hama membandel.

Plenum 50 WG

Plenum 50 WG merupakan salah satu obat ampuh yang bekerja secara sistemik yang digunakan untuk membasmi hama wereng yang merajalela  Plenum 50 WG mengandung bahan aktif 50% pimetrozin yang berperan untuk menghambat proses makan hama (antifeedant). Biasanya Plenum 50 WG digunakan pada tanaman cabai dan padi. Plenum 50 WG tersedia dalam bentuk butiran berwarna coklat dan dapat dilarutkan dengan air. Plenum 50 WG dapat digunakan untuk memusnahkan semua jenis hama wereng, mulai dari wereng coklat, wereng punggung putih, dan wereng hijau.

Applaud 10 WP

Applaud 10 WP merupakan obat ampuh yang bekerja dengan menghambat pertumbuhan kitin pada hama wereng. Obat ini mengandung bahan aktif buprofezin 10% yang terkenal menghambat sintesa kitin. Applaud 10 WP dapat mengendalikan wereng pada semua siklus hidupnya, mulai dari telur, nimfa, hingga hewandewasa. Penggunaan Applaud 10 WP dinilai mana untuk menusia dan hewan di sekitar ekosistem persawahan. 

Lugen 100 EC

Lugen 100 EC adalah obat ampuh yang bisa membasmi wereng dengan bahan aktif buprofezin 100 gram/liter. Bahan aktif buprofezin bekerja dengan cara menghambat pergantian kulit dan menghambat penetasan telur hama wereng. Lugen 100 EC sangat efektif mengendalikan hama wereng, bahkan yang sudah kebal dengan bahan aktif obat lainnya.  Lugen 100 EC tersedia dalam bentuk cair yang praktis dan mudah digunakan.

Obat Alami Ampuh Membasmi Hama Wereng

Selain obat kimia  yang biasanya dijual di toko pertanian, kamu juga bisa membuat obat ampuh pembasmi wereng di rumah, lho. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini, ya.

  • Siapkan 1 genggam daun sirsak, 1 genggam rimpang jeringau, 20 siung bawang putih, 20 gram sabun colek, dan 20 liter air.
  • Tumbuk bahan hingga halus dan campurkan sabun colek.
  • Rendam bahan yang sudah dicampur dalam air selama dua hari.
  • Jika sudah dua hari, saring obat dengan kain halus.
  • Setiap 1 liter obat alami dapat dilarutkan kembali dengan 15 liter air.

Nah, dari rekomendasi obat ampuh pembasmi wereng, manakah yang akan kamu gunakan? Semua rekomendasi dari Gokomodo tentunya tidak akan bikin kantongmu kering, ya. Kamu bisa mendapatkan obat ampuh hama wereng di Gokomart yang sudah jelas menjual saprodi pertanian yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Jangan lupa kunjungi website Gokomodo untuk temukan solusi pertanian yang kamu perlukan.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.