Diterbitkan 10 Aug 2023

Tips Food Preparation dan Menyimpan Buah Sayur Dalam Kulkas

Lifestyle
tips food preparation

Sayur dan buah merupakan sumber vitamin dan mineral dalam tubuh. Agar tidak terlalu merusak kandungannya, perlu diperhatikan penyimpanan sayur dan buah, mulai dari suhu hingga tempat penyimpanannya harus tepat. Ternyata, Tidak Semua Sayuran Bisa Disimpan di Dalam Kulkas, Loh! Bagi kamu yang terbiasa melakukan food preparation, penting sekali untuk tahu penyimpanan sayur dan buah di dalam kulkas.

Tips food preparation sayur

Sayur merupakan bahan makanan yang mudah membusuk. Untuk itu diperlukan food preparation yang tepat tujuannya agar menunda pembusukan pada sayur. Berikut sayur yang bisa disimpan dalam kulkas dengan metode food preparation.

  1. Jamur

Jamur akan lebih lama apabila disimpan di dalam kulkas. Cara penyimpanannya cukup letakkan dalam paper bag dalam keadaan tanpa dicuci. Cara ini bisa dilakukan untuk semua jenis jamur kecuali Jamur Morel. 

  1. Buncis

Buncis dapat bertahan satu minggu di dalam kulkas. Sebelum menyimpan dalam wadah kedap udara, bersihkan buncis terlebih dahulu dan keringkan.

  1. Brokoli

Brokoli mampu bertahan pada suhu dingin selama 5 hari. Cara penyimpanan brokoli juga cukup mudah. Potong brokoli menjadi bagian yang lebih kecil. Setelah itu cuci bersih dengan air mengalir dan rendam dengan air garam untuk menghilangkan bakteri pada brokoli. Jika sudah selesai, keringkan dan simpan pada wadah kedap udara. 

  1. Kubis

Kubis biasanya dinikmati dalam keadaan mentah, dikukus, maupun di goreng. Kubis pada dasarnya bisa bertahan lama di suhu ruang. Tetapi jika disimpan dalam kulkas, kubis jauh lebih tahan lama dibandingkan disimpan di suhu ruang. Cara penyimpanannya cukup cuci bersih kubis, keringkan, lalu simpan dalam kulkas.

Tips food preparation buah

Jarang sekali metode food preparation diterapkan pada buah. Karena buah juga termasuk makanan yang mudah membusuk, menyimpan dalam kulkas diharapkan bisa menambah masa simpan buah. Buah yang bisa disimpan dalam kulkas antara lain:

  1. Anggur
  2. Strawberry
  3. Blueberry
  4. Raspberi
  5. Ceri
  6. Buah potong
  7. Aprikot

Sebelum buah disimpan dalam kulkas lebih baik tidak dicuci terlebih dahulu agar buah tidak lembab. Pilihlah wadah kedap udara untuk memperlambat pembusukan buah dan pisahkan dengan makanan lain. Buah dapat bertahan lama pada suhu -5 derajat celcius. 

Nah, itulah beberapa sayur dan buah serta tips penyimpanannya dalam kulkas. Jika ternyata masih ditemukan buah atau sayur yang busuk, jangan langsung dibuang, ya. Sampah buah dan sayur bisa dimanfaatkan kembali sebagai pupuk organik, loh. Temukan tips menarik seputar manfaat konsumsi sayur dan buah hanya di website Gokomodo!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.