Diterbitkan 9 Oct 2023

13 Cara Merawat Mesin Pemotong Rumput, Dijamin Paham!

Teknologi
Merawat mesin potong

Biasanya untuk memelihara taman dan merapikan rumput alat pemotong yang digunakan adalah sabit atau gunting rumput. Penggunaan alat pemotong tersebut membutuhkan waktu yang lama dan tenaga ekstra. Seiring perkembangan zaman dan teknologi, memelihara taman atau memotong rumput dapat dilakukan dengan mudah dan praktis menggunakan mesin pemotong rumput, sehingga akan memberikan hasil yang lebih memuaskan dan rapi.

Sumber : 99.co

Sama seperti barang elektronik umumnya, mesin potong rumput dapat mudah rusak jika tidak dilakukan perawatan rutin. Oleh karena itu, yuk simak cara merawat mesin potong rumput dibawah ini. Sebelumnya, pahami terlebih dahulu jenis-jenis alat pemotong rumput – 4 Jenis Alat Pemotong Rumput Terbaik. Nah setelah paham saatnya kamu memahami cara merawat mesin pemotong rumput, simak ulasannya berikut!

Cara Merawat Mesin Pemotong Rumput

Menurut data dampak lingkungan, mesin pemotong rumput yang dirawat dengan baik akan menghasilkan dampak positif yaitu, mengurangi emisi mesin pemotong rumput hingga 50%, mengurangi konsumsi bahan bakar yang mahal hingga 30%, memperpanjang umur mesin. Agar mesin pemotong tetap beroperasi dengan lancar sepanjang musim perawatan dan pemeliharaan taman, simak berikut cara merawat mesin pemotong rumput : 

1. Panaskan mesin pemotong secara berkala, penyetelan mesin sangat dianjurkan. Sebelum dipakai, panaskan terlebih dahulu mesin pemotong untuk mencegah terjadinya kemacetan di tengah pemakaian. Jauhkan kabel busi dari businya terlebih dahulu, dikhawatirkan menyebabkan mesin menyala mendadak.

2. Periksa dan ganti oli, baiknya periksa kesediaan oli secara teratur. Idealnya setiap kali alat mesin pemotong digunakan untuk memotong rumput, tambahkan oli sesuai kebutuhan. Jika alat mesin pemotong rumput baru, makan oli dapat di ganti setelah lima jam pertama penggunaan. Setelah itu, ganti oli dapat dilakukan setiap 50 jam pemakaian atau setiap awal musim perawatan rumput.

3. Pastikan pisau tetap tajam, agar bilah mesin pemotong rumput tetap tajam sehingga dapat digunakan untuk memotong rumput dengan bersih dan tidak “merobek” rumput. 

4. Gunakan bahan bakar yang bersih dan baru. Bahan bakar yang bersih sangat penting agar mesin dapat dihidupkan dengan cepat dan beroperasi secara efisien. Bensin akan rusak setelah 30 hari dan dapat berdampak negatif pada kinerja mesin saat digunakan.

5. Pastikan dek mesin pemotong rumput bersih dan tidak tersumbat, jika dek mesin pemotong rumput tersumbat oleh kliping, matikan mesin pemotong rumput, cabut busi, lalu gunakan selang taman untuk membersihkan material tersebut. Setelah penyemprotan, dilakukan pembersihan dari sisa rumpun rumput yang dapat mengganggu mata pisau.

6. Mengganti saringan udara secara berkala. Saringan udara yang sudah terlalu kotor dapat menghambat kinerja mesin pemotong sehingga pekerjaan yang dilakukan tidak optimal.

Sumber: iPrice

7. Gunakan busi yang sesuai dengan mesin. Suku cadang merupakan komponen utama dari sebuah mesin. Oleh karena itu, gunakan busi yang sesuai dan memiliki jangka waktu pemakaian panjang, serta busi dilakukan pembersihan secara rutin.

8. Ganti senar secara berkala, sama halnya dengan saringan udara, senar pada mesin pemotong rumput juga harus selalu diperhatikan dan diganti secara berkala.

9. Gunakan pisau pemotong standar sesuai dengan spesifikasi agra mesin pemotong dapat bekerja maksimal.

10. Pastikan bensin tidak tercampur air, dengan cara membersihkan karburator untuk membersihkan air dan kotoran yang tertinggal.

11. Gunakan mesin pemotong sesuai prosedur, hindari kecerobohan dalam pemakaian mesin pemotong. Tidak disarankan mesin digunakann terus menerus karena akan menurunkan kinerja mesin. Disarankan agar motor mesin dilakukan perawatan secara berkala, idelanya setiap enam bulan sekali dengan cara membersihkan kerak yang menempel pada piston, ruang bakar, knalpot, dan sekrup mesin.

12. Pastikan mesin pemotong rumput di simpan di tempat yang jauh dari anak-anak dan tidak melibatkan anak-anak saat menggunakan mesin potong rumput, karena berbahaya. 

13. Simpan mesin pemotong rumput di tempat aman dan terlindung, jauhkan mesin dari sumber api agar tidak berpotensi terbakar.

Itulah cara merawat mesin pemotong rumput, semoga informasi diatas dapat membuat kamu yakin dan tanpa keraguan dalam melakukan perawatan teknologi mesin pemotong rumput. segara temukan informasi dan produk lainnya di website Gokomodo Corporate Commerce.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin