Diterbitkan 22 May 2024

“Be Part of The Plan” Sudah Siapkah Kamu Merayakan Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia?

Agri Edu
Hari keanekaragaman hayati

Setiap tanggal 22 Mei, setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Internasional untuk kanekaragaman hayati, yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan masalah keanekaragaman hayati. Hari keanekaragaman hayati atau IDB pertama kali diluncurkan setelah berlakunya konvensi keanekaragaman hayati 22 Mei 1992. Sehingga sudah total 32 tahun Bumi tercinta ini merayakan hari ini. Apakah kamu termasuk?

Menurut laman PBB (United Nations/UN), keanekaragaman hayati sering kali dipahami dalam hal berbagai macam tanaman, hewan, dan mikroorganisme, padahal sejatinya keanekaragaman hayati juga mencakup perbedaan genetik di dalam setiap spesies misalnya, antara varietas tanaman dan jenis ternak – dan berbagai ekosistem yang menjadi tempat interaksi.

Sumber daya keanekaragaman hayati menjadi dasar pembangunan peradaban. Namun, hilangnya keanekaragaman hayati mengancam semua hal, termasuk kesehatan makhluk hidup. Jika kita menjaga keanekaragaman hayati tetap utuh, keanekaragaman hayati dapat menjadi alat yang sangat baik. Tertarik bagaimana merayakan Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia?

Tips Merayakan Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia

a. Hadir dan mendukung acara atau kegiatan yang diselenggarakan oleh organisasi lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati.
b. Liburan dengan mengunjungi taman nasional, konservasi alam, atau tempat-tempat yang memiliki keanekaragaman hayati tinggi untuk lebih memahami betapa pentingnya menjaga alam.
c. Melakukan aksi nyata untuk melestarikan keanekaragaman hayati di sekitar kita, seperti penanaman pohon, penghijauan lingkungan, atau memantau kebersihan lingkungan
d. Terakhir kamu bisa membuat kampanye sosial media atau informasi edukatif tentang pentingnya pelestarian keanekaragaman hayati.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya menjaga keberlangsungan ekosistem dan mempromosikan sikap peduli terhadap alam serta makhluk hidup di sekitar kita. Nah, itulah sedikit tips dan trik merayakan hari keanakeraman hayati seduni. Kamu bisa belajar banyak hanya di website Gokomodo! Baca selengkapnya – Cari Pupuk Buah Terbaik? Ini 5 Produk yang Bisa Kamu Gunakan!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.