Diterbitkan 2 Sep 2024

Berikut Daftar Pestisida Terbaik yang Sering Dipakai Para Petani. Tertarik Menggunakannya?

Agri Edu
Pestisida Terbaik

Budidaya tanaman, apapun lahan dan jenisnya memang membutuhkan ketelitian dan ketekunan dalam praktiknya, disetiap fase pertumbuhan tanaman. Hal ini butuh untuk diterapkan karena banyak faktor yang akan mempengaruhi kesuburan tanaman sampai hasil panen, salah satunya adalah serangan organisme pengganggu tumbuhan (OPT), marak dalam bentuk hama atau penyakit tanaman.

Petani harus waspada terhadap serangan hama yang tak terduga dan perlu untuk memahami jenis hama agar mampu menanganinya dengan tepat. Bagi kamu yang belum update tentang OPT dan jenis pestisida terbaik, kamu bisa membaca ulasan berikut ini – Penting Untuk Diketahui! Inilah 8 Jenis Pestisida Berdasarkan Organismenya.

Sumber: istock

Produk Pestisida Terbaik 2024

Confidor 70 WG

Confidor 70 WG merupakan insektisida sistemik yang efektif mengatasi hama serangga. Formulasinya berupa butiran berwarna coklat yang bisa didispersikan bersama air dan memiliki bahan aktif Imidakloprid 70%. Produk ini direkomendasikan untuk aneka hama serangga seperti wereng, belalang, rayap, dan trips.

Movento Energy 240 SC

Pilihan insektisida unggul lainnya adalah Movento Energy 240 SC yang mengandung bahan aktif Spirotetramat 120 g/l dan Imidakloprid 120 g/l. Racun serangga ini bersifat kontak, yang menyerang lambung dan syaraf serangga. Ampuh untuk membasmi aneka hama serangga seperti wereng, kutu putih, dan lainnya.

Amistartop 325 SC

Bagi petani yang sedang membutuhkan fungisida, Amistartop 325 SC dengan bahan aktif Azoksistrobin dan Difenokonazol mungkin bisa menjadi pilihan. Fungisida ini dapat mengatasi aneka penyakit seperti Antraknosa pada bawang merah dan bercak daun pada jagung. Spektrumnya yang luas membuat produk ini dapat mengendalikan penyakit secara efektif.

Antracol

Alternatif fungisida kontak lainnya yang bersifat protektif, adalah Antracol. Produk ini mengandung 70% Propineb yang dapat mengendalikan penyakit Antraknosa pada tanaman cabai. Cara kerjanya yang preventif dan meningkatkan resistensi membuat Antracol mampu mencegah terjadinya serangan serta dapat digunakan dalam berbagai musim.

Ultron 25/18 WP

Selain insektisida dan fungisida, jenis pestisida lain yang tak kalah penting adalah herbisida. Keberadaan gulma bahkan perlu dibasmi sejak masa pra tumbuh. Misalnya untuk tanaman padi, bisa dengan mengandalkan Ultron 25/18 WP. Herbisida ini mengandung dua bahan aktif sekaligus, yaitu Metil bensulfuron dan Natrium bispiribak sehingga lebih hemat.

Sultrazin 560 SC

Untuk tanaman jagung, herbisida sistemik yang dapat dipilih yaitu Sultrazin 560 SC. Hanya dengan satu kali pemakaian, Sultrazin mampu mengatasi berbagai gulma yang menyerang tanaman jagung. Kandungan bahan aktif Mesotrion dan Atrazin pada merek ini memiliki spektrum kerja yang luas, sehingga cocok untuk gulma berdaun lebar maupun sempit.

Storm 0.005 BB

Pada tanaman padi, serangan hama tikus akan sangat mengganggu karena dapat merusak tanaman menjelang panen. Untuk mengatasinya diperlukan rodentisida yang efektif seperti Storm 0.005 BB. Rodentisida antikoagulan ini siap untuk langsung digunakan, cocok untuk membasmi tikus sawah maupun tikus pohon pada kelapa sawit.

Memilih pestisida terbaik yang tepat menjadi salah satu kunci pengendalian hama dan penyakit tanaman yang efektif. Selain perlu menyesuaikan berdasarkan jenisnya, pastikan kamu juga memilih produk yang asli dan berkualitas agar penanganan semakin optimal. Tak perlu ragu atau bimbang, kamu bisa mendapatkannya di GokoMart. Kamu pun bisa mendapatkan berbagai diskon menarik dalam setiap pembelian produk kami. Tunggu apalagi? Belanja di GokoMart sekarang, yuk!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin