Diterbitkan 20 May 2024

Berminat Buka Usaha di Pertanian? Coba Cek Siapa Tau Cocok!

Agri Edu
Usaha Pertanian

Apa yang ada dibenakmu ketika memikirkan usaha pertanian? Pasti sebagian besar akan membayangkan menjadi petani yang dapat memasarkan hasil pertaniannya sendiri. Hal itu tidaklah salah. Sebenarnya masih banyak usaha yang berhubungan dengan pertanian tanpa harus menjadi petani terlebih dahulu. Penasaran apa saja usahanya? Coba deh baca artikel ini sampai habis, ya!

Menjual Bibit Tanaman

Sumber: Marketplace

Budidaya tanaman makin hari makin banyak peminatnya. Salah satu hal penting yang diperlukan oleh botanis – baik pemula maupun senior – yaitu bibt tanaman. Bibit tanaman mudah sekali diperjualbelikan. Harganya yang relatif murah dan tidak memerlukan banyak modal menjadikan bibit tanaman yang dikemas dalam kemasan mini. Selain itu, sekarang bibit tanaman dijadikan sebagai souvenir pernikahan tentunya dalam sekali pesanan bisa mencapai ratusan hingga ribuan bungkus. Cuan banget, kan?

Tanaman Obat Keluarga (TOGA)

Usaha pertanian
Sumber: Kompas

Pengobatan alami herbal banyak digemari oleh para orang  tua dan beberapa keluarga di Indonesia. Selain terhindar dari paparan obat kimia, penggunaan  obat herbal diyakini meminimalisir dampak yang tidak baik untuk tubuh. Nah, dengan diminatinya pengobatan herbal ini penjualan TOGA juga meningkat secara signifikan. Salah satu TOGA yang banyak diminati yaitu paket wedang uwuh dan jamu-jamuan yang lain. TOGA yang dijual di pasaran relatif mudah untuk diolah. Wedang uwuh kemasan yang terdiri dari kayu manis kering, cengkeh, jahe, gula batu, kayu secang, serai, kapulaga, dan buah pala bisa langsung diseduh menggunakan air panas, lho. Tentunya lebih sehat dibandingkan harus beli kemasan yang diolah dari pabrik. Menguntungkan, kan?

Sayur dan Buah Organik

Sumber: NASSIT

Semakin banyak penyakit yang menyerang manusia baru-baru ini berdampak pada tren hidup sehat yang mulai banyak peminatnya. Bayangkan saja, kini diabetes mulai menyerang anak-anak hingga dewasa muda. Hal ini dikarenakan pola hidup yang tidak sehat. Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan yaitu dengan mengonsumsi buah dan sayur organik. 

Sayur dan buah organik dibudidayakan sealami mungkin, termasuk pupuk yang digunakan adalah pupuk organik – Apa Itu Pupuk Organik? Simak Penjelasannya Berikut Ini. Bahan yang seluruhnya organik atau berasal dari alam tentunya lebih terjangkau dibandingkan bahan anorganik. Untuk itu, sayur dan buah organik bisa jadi opsi usaha pertanian saat ini.

Menjual Saprodi Pertanian

Sarana produksi pertanian, atau yang biasa disebut dengan Saprodi, merupakan sebuah unit usaha yang menjualbelikan alat-alat pertanian, seperti angkong, tonjok sawit, dodos, dan masih banyak lagi. Saprodi juga diartikan sebagai segala jenis peralatan, perlengkapan, dan fasilitas pertanian yang digunakan untuk memproduksi bahan pangan. Kamu bisa menyediakan bundling saprodi sesuai dengan kebutuhan pelangganmu. Nah, Gokomart juga menyediakan saprodi pertanian, lho. Coba deh main ke Gokomart terdekat, ya!

Konsultan Bidang Pertanian

Sumber: Justdial

Nah, biasanya usaha pertanian identik dengan jual beli produk pertanian. Kali ini boleh banget mencoba usaha lainnya sebagai konsultan bidang pertanian. Seperti apa sih sebenarnya konsultan bidang pertanian?

Konsultan bidang pertanian sangat membantu para petani untuk mendapatkan edukasi seputar pertanian yang terbaru, mendampingi petani membuka dan menjalankan usaha pertanian, dan bisa menjadi penyuluh pertanian. Ternyata banyak sekali yang bisa dilakukan oleh konsultan pertanian saat ini. 

Dari semua usaha yang berhubungan dengan pertanian di atas, ada yang tidak perlu menjadi petani terlebih dahulu, kan? Memang semudah itu jika kamu benar-benar ingin membuka usaha di bidang pertanian. Yang terpenting jangan lupa untuk simak tips-tips berbudidaya tanaman dan berwirausaha di bidang pertanian hanya di blog Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin