Diterbitkan 1 Aug 2024

Daftar Provinsi Produksi Kebun Cokelat Terbesar di Indonesia, Ada Daerahmu?

Agri Edu
Kebun Cokelat

Indonesia merupakan salah satu negara agraris terbesar dunia, dengan sebagian besar penduduknya bekerja di sektor pertanian dan perkebunan. Hasil agrikultur tiap daerah pun sangat beragam, mulai dari beras, jagung, kelapa sawit, teh, kopi, sampai cokelat. Ya, cokelat dari Indonesia sudah mendunia loh! Bahkan menurut laporan Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia memproduksi biji kakao seberat 650.612 ton pada tahun 2022.

Dengan nominal ini, Indonesia menduduki peringkat ketiga sebagai produsen kakao terbesar dunia. Beberapa wilayah di Indonesia seperti Sulawesi dan Sumatera mendominasi produksi kakao dalam negeri – Kini Saat yang Tepat untuk Peningkatan Industri Kakao di Indonesia.

Mari kita simak selengkapnya deretan provinsi pemilik kebun cokelat dengan produksi terbesar di Indonesia berdasarkan data BPS tahun 2022 dalam daftar berikut.

Sumber: iStock

Daftar Provinsi di Indonesia dengan Kebun Cokelat Terbesar

1. Sulawesi Tengah

Sulawesi Tengah meraih peringkat tertinggi sebagai provinsi pemilik kebun cokelat dengan produksi terbesar di Indonesia. Dengan luas lahan mencapai 274.003 hektar, Sulawesi Tengah menghasilkan nilai produksi terbesar, yakni sebanyak 130.848 ton. Lokasinya tersebar di beberapa daerah, meliputi Kabupaten Parigi Moutong, Poso, Sigi Biromaru, Donggala, dan Banggai Kepulauan.

2. Sulawesi Tenggara

Bergeser sedikit menuju Sulawesi Tenggara, kita bisa menemukan lahan perkebunan cokelat seluas 227.029 hektar, dengan daerah utamanya seperti Kabupaten Luwu dan Luwu Utara. Luas lahan perkebunan cokelat sebesar ini mampu menghasilkan nilai produksi sebanyak 104.649 ton, terbesar kedua Indonesia.

3. Sulawesi Selatan

Menghasilkan nilai produksi sebesar 86.916 ton, Sulawesi Selatan memiliki lahan perkebunan cokelat seluas 179.564 hektar. Angka ini menjadikan Sulawesi Selatan sebagai provinsi dengan produksi cokelat terbesar ketiga di Indonesia. Beberapa daerahnya berada di Kabupaten Kolaka Utara, Kolaka Timur, Kolaka, Konawe, dan Muna Barat.

4. Sulawesi Barat

Provinsi pemilik kebun cokelat dengan hasil terbesar keempat di Indonesia diraih oleh Sulawesi Barat. Dengan luas lahan mencapai 142.319 hektar, Kabupaten Mamuju, Polewali Mandar, Mamuju Utara, Mamasa, dan Majene merupakan daerah utama persebaran lahan kebun cokelat ini. Dari berbagai daerah tersebut, Sulawesi Barat mampu menghasilkan nilai produksi sebesar 69.779 ton.

5. Lampung

Lampung menjadi daerah penghasil cokelat terbesar di Sumatera, sekaligus menduduki peringkat lima dalam negeri. Predikat ini dimiliki Lampung sebab mampu menghasilkan nilai produksi sebesar 48.119 ton. Angka ini didukung dengan total luas area lahan perkebunan cokelat yang mencapai 76.903 hektar. Lokasi kebun cokelat ini dapat kita temukan di beberapa daerah, salah satu yang paling besar adalah Kabupaten Tanggamus.

6. Aceh

Provinsi lain di Sumatera yang menyumbang produksi cokelat dengan angka yang tinggi adalah Aceh, yakni mencapai 36.596 ton. Total luas area perkebunan cokelat di Aceh  mencapai 94.631 hektar dan tersebar di beberapa daerah, meliputi Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh Timur, Pidie, Bireuen, Aceh Utara, Nagan Raya, dan Pidie Jaya.

Itu dia 6 provinsi yang memiliki kebun coklat dengan produksi terbesar di Indonesia. Jika kamu penggemar cokelat, apakah kamu tertarik berkunjung ke salah satu provinsi tersebut? Nah, agar wawasan kamu semakin bertambah, yuk kunjungi website Gokomodo, dan baca artikel menarik lainnya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin