Diterbitkan 2 Sep 2024

Harga Bawang Putih Naik? Coba Budidaya Tanaman Bawang Putih di Rumah, Yuk!

Agri Edu
Tanaman Bawang Putih

Siapa yang tidak tahu tanaman bawang putih? Bawang putih (Allium sativum) merupakan salah satu tanaman aromatik yang digunakan dalam olahan bumbu masakan di seluruh penjuru dunia. Eits, jangan salah, selain digunakan untuk melezatkan cita rasa makanan, ternyata bawang putih mempunyai banyak manfaat lainnya, tidak hanya bagi manusia tapi bagi budidaya tanaman juga, lho. Yuk, cari tahu manfaat bawang putih pada artikel Membuat Pestisida Nabati Ternyata Bisa Menggunakan Bawang merah dan Bawang Putih, Loh!

Penasaran akan manfaat bawang putih bagi kesehatan manusia? Gokomodo akan mengupas tuntas hal ini, simak sampai selesai yah!

Sumber: Corteva

Manfaat Bawang Putih

Langsung saja kita simak apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan manusia, yang sudah Gokomodo rangkum di bawah ini:

Menurunkan kadar kolesterol

Bawang putih mengandung zat allicin yang bermanfaat untuk menghambat pembentukan kolesterol jahat (LDL). Tak hanya LDL saja, kadar kolesterol total juga dapat berkurang dengan mengkonsumsi bawang putih setiap hari. 

Menjaga tekanan darah

Tekanan darah tinggi menjadi salah satu “momok” bagi manusia, terutama dalam usia produktif. Untuk menjaga tekanan darah tetap stabil, tidak ada salahnya mengkonsumsi bawang putih. Zat allicin juga berperan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Mencegah penyakit jantung

Si nomor satu, zat allicin mempunyai banyak fungsi, zat ini juga mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Kadar kolesterol dan tekanan darah yang terjaga karena rutin mengkonsumsi bawang putih dapat secara langsung memberikan dampak baik bagi kesehatan jantung. Bawang putih mengurangi penumpukan kolesterol yang menyumbat pembuluh darah, sehingga darah tersalurkan dengan baik.

Menyehatkan otak

Sirkulasi darah yang baik mampu menjaga kesehatan otak juga, lho. Biasanya pembuluh darah yang tersumbat bisa menyebabkan otak kekurangan oksigen hingga penyakit lainnya yang lebih serius, seperti alzheimer dan demensia

Meredakan sakit lambung

Kamu punya sakit lambung? Sebelum minum obat maag, coba konsumsi bawang putih. Lagi-lagi zat allicin lah yang berperan penting sebagai antibakteri pada lambung. Jika lambung dalam keadaan sehat, bisa terhindar dari penyakit berbahaya lainnya seperti kanker lambung.

Meredakan flu dan pilek

Bawang putih mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan menangkal infeksi yang disebabkan oleh virus, terutama batuk dan pilek. Bahkan, banyak yang mengkonsumsi bawang putih dengan harapan sembuh dari penyakit COVID-19, pada masa pandemi lalu. Selain itu, bawang putih juga dapat meredakan asma.

Mencegah kanker

Lagi-lagi zat allicin berperan sebagai pencegah kanker karena mengandung antioksidan yang tinggi. Konsumsi bawang putih dipercaya mengurangi keparahan kanker payudara, kanker usus besar, kanker paru, kanker prostat, dan kanker pankreas.

Luar biasa bukan?! Meski kecil tapi manfaatnya segudang! Kini kamu tahu bahwa zat allicin dalam bawang putih lah yang berperan penting memberikan ragam manfaat tersebut. Apakah kamu akan melewatkan manfaat tersebut? Kamu bisa mencoba budidaya tanaman bawang putih di rumah. Nih, Gokomodo share langkah-langkah praktisnya!

Cara Budidaya Tanaman Bawang Putih

Siapkan Pot

Pot menjadi wadah ideal tanaman bawang putih untuk tumbuh. Untuk menanam bawang putih, sebaiknya menggunakan pot dengan tinggi 20-30 cm agar pertumbuhan akarnya bisa maksimal. Diameter pot yang digunakan minimal 30 cm supaya dapat menanam banyak bawang putih dalam satu pot. Jangan lupa pilih pot yang alasnya berlubang atau beri lubang pada pot sebagai drainase tanaman. 

Pilih Media Tanam

Ada banyak media tanam yang dapat digunakan untuk menanam bawang putih. Media tanam yang cocok yaitu vermikulit atau serabut kelapa. Isi media tanam pada pot hingga ¾ dari tinggi pot. Siram media tanam hingga padat.

Siapkan Umbi Bawang Putih

Umbi bawang putih inilah yang nantinya digunakan sebagai bibit. Pisahkan umbi bawang putih sesuai dengan siungnya. Jika sudah, letakkan bawang putih 10-15 cm ke dalam media tanam dengan posisi bagian rata di bawah dan bagian lancip di atas. Beri jarak 10 cm dari tiap-tiap siung, ya. 

Lokasi Penanaman

Letakkan pot di area yang terkena sinar matahari, namun jangan terlalu panas agar tanaman tidak kering. Pastikan tanaman bawang putih mendapatkan sinar matahari minimal 8 jam per harinya.

Lakukan Penyiraman

Media tanam bawang putih harus terjaga kelembabannya agar tanaman tidak dehidrasi. Kebutuhan air tanaman bawang putih tergantung dengan lokasi penanaman. Apabila bawang putih ditanam di dalam ruangan, air yang diperlukan tidak terlalu banyak. Sedangkan tanaman bawang putih yang ditanam diluar ruangan membutuhkan air yang lebih banyak. 

Kapan Sebaiknya Dipanen?

Tanaman bawang putih yang siap dipanen ditandai dengan perubahan warna daun menjadi kuning. Tetapi, lebih baik tunggu hingga daunnya mengering untuk hasil panen yang lebih baik. Bersihkan umbi bawang putih dari sisa tanah yang masih menempel. Agar tidak cepat busuk, gantung bawang putih ditempat yang sejuk.

Bagaimana, mudah kan budidaya tanaman bawang putih? Dengan budidaya bawang putih di rumah, kamu bisa merasakan manfaat kesehatan dari bawang putih tanpa harus mengeluarkan biaya banyak. Pastikan kamu beli peralatan budidaya tanaman bawang putih hanya di Gokomart yang sudah pasti harga miring dan berkualitas! Nantikan update seputar pertanian lainnya hanya di blog Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin