Diterbitkan 17 Oct 2023

Inilah 3 Jenis Tangki Air, Mana Yang Lebih Baik?

Teknologi
3 jenis tangki air

Tangki air atau tandon air adalah salah satu peralatan yang sangat penting dalam rumah tangga terutama saat terjadi pemadaman listrik. Tangki air merupakan sebuah kontainer yang berfungsi menampung air dan memastikan pasokan air tersedia dalam jumlah yang cukup untuk digunakan. Persediaan air bersih pada tangki air digunakan untuk berbagai pemakaian seperti air minum, pertanian irigasi, pemadaman api, pertanian, tumbuhan dan hewan, produksi kimia, pengolahan pangan serta beberapa pemakaian lainnya. Saat ini kebutuhan air bersih semakin meningkat, terlebih lagi pada musim kemarau, sebaiknya pemakaian air bersih perlu dilakukan penghematan sesuai dengan kebutuhan. Tangki air menjadi alat pilihan yang tepat untuk menyimpan pasokan air bersih. 

Sumber: Dunia Tangki Air

Jenis-Jenis Tangki AIr

Berdasarkan jenisnya, tangki air dapat dibedakan menjadi tangki air plastik, dan tangki air fiber glass, dan tangki air stainless steel. Masing-masing bahan tangki air tersebut memiliki karakteristik, kelebihan, dan kekurangan. Berikut simak 3 jenis tangki air beserta ulasannya!

Tangki air bahan polietilen (PE)

Jenis tangki air plastik umumnya terbuat dari bahan polietilen (PE). Tangki air plastik banyak dipilih oleh pengguna karena harganya yang terjangkau jika dibandiangkan tangki air stainless steel. Selain itu, tangki air plastik memiliki bobot yang lebih ringan, tahan karat, dan antibocor. Tangki air plastik juga mudah diangkut, dipasang, dan dibersihkan.

Umumnya tangki air plastik berbentuk vertikal, cenderung lebih ramping dan tinggi, dan ada juga yang berbentuk pendek dan lebar. Tangki air plastik memiliki masa pemakaian yang cukup tahan lama, rata-rata adalah sekitar 15 hingga 20 tahun. Tangki air plastik dapat digunakan di negara tropis seperti Indonesia karena memiliki ketahan yang baik. Suhu yang dapat ditahan oleh tangki air bisa mencapai 140 derajat celcius.

Perlu di ingat juga bahwa tangki air plastik juga perlu dibersihkan secara rutin. Tangki air dapat menumbuhkan lumut berdasarkan lama pemakaian, dan masih rentan terhadap keretakan tegangan serta ekspansi termal dalam jangka panjang.

Tangki air bahan Fiberglass

Jenis tangki air fiberglass adalah properti yang multifungsi yang bisa digunakan di berbagai bidang. Tangki fiberglass dalam kehidupan sehari-hari ini tidak hanya digunakan sebagai tempat penampungan air di gedung-gedung besar, tetapi juga berguna di bidang industri yaitu untuk menampung bahan kimia. JIka pada tangki air plastik terlihat permukaan tangki lebih halus karena terbuat dari bahan plastik, pada tangki air fiberglass permukaan memilikicorak yang khas dari serat-serat fibernya. Tangki air fiberglass biasanya digunakan untuk menyimpan air minum.

Meskipun memiliki permukaan yang kaku, bahan fiberglass relatif tipis dan ringan sehingga ideal untuk diangkut dan diletakan pada lokasi yang sesuai. Meskipun ideal untuk manajemen tekanan air, lapisan luar fiberglass yang tipis memungkinkan banyak cahaya yang melewatinya. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat mendorong pertumbuhan alga sehingga air menjadi tidak aman untuk dikonsumsi. Tangki air ini juga tidak berumur panjang jadi harus dirawat secara rutin.

Tangki air bahas stainless steel

Jenis tangki air stainless steel memiliki keunggulan yaitu tahan karat, tahan panas, dan tahan lama. Terbuat dari bahan yang aman, sehingga tidak beracun ketika kontak dengan makanan atau obat-obatan. Harga tangki air stainless steel cenderung lebih mahal daripada tangki air plastik. Akan tetapi, tangki air stainless steel memiliki kualitas yang baik dalam menjaga kualitas air, memberikan aliran air yang aman untuk rumah, dan mudah dibersihkan.

Selain itu, tangki air stainless steel tidak mudah ditumbuhi lumut atau kotoran lainnya karena mempunyai permukaan yang halus dan licin. Walaupun demikian, tangki air stainless steel rentan akan korosi pada bagian las atau sambungannya, terutama jika digunakan di kawasan pesisir.

Ada tangki air stainless steel yang di design memiliki lubang cekung untuk pembuangan kotoran pada bagian bawah dan penyangga (kaki) yang kokoh memudahkan pada saat membersihkan tangki air agar tidak menyentuh (tanah) dasar permukaan sehingga kebersihan tangki lebih terjaga. 

Nah, itulah ulasan terkait tangki berdasarkan jenis, segera cek produk tangki air dan produk lain yang yang kamu butuhkan hanya di website GokoBiz lengkap dan tentunya berkualitas!! Kamu juga dapat menggali informasi terkait alat rumah tangga lainnya pada artikel berikut, klik link – Simak Peralatan Rumah Tangga yang Wajib Kamu Tahu!.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.