Diterbitkan 12 Oct 2023

Simak Peralatan Rumah Tangga yang Wajib Kamu Tahu!

Teknologi
peralatan rumah tangga

Peralatan rumah tangga atau perabotan rumah merupakan setiap perangkat yang berfungsi untuk membantu menghemat tenaga dan waktu kegiatan yang dilakukan di rumah, seperti memasak, membersihkan (perawatan pribadi), dan mengawetkan makanan. 

Kadang kala, pekerjaan rumah tangga dapat menjadi pekerjaan yang menyusahkan dan melelahkan. Apalagi harus dilakukan secara rutin bahkan setiap hari. Saat ini sudah banyak teknologi modern yang digunakan untuk peralatan rumah tangga. Contohnya adalah peralatan rumah tangga untuk kebersihan. Peralatan untuk kebersihan akan memudahkan pengguna dalam membersihkan rumah. Banyak variasi alat kebersihan yang sering dijumpai di pasaran yang memiliki fungsi tertentu. 

Peralatan rumah tangga dapat dibedakan berdasarkan fungsinya, antara lain peralatan untuk menyiapkan makanan, peralatan untuk pembersihan, peralatan untuk kenyamanan, dan peralatan rumah kecil lainnya. Untuk lebih jelasnya, simak berikut ulasannya!

Peralatan Rumah Tangga untuk Menyiapkan Makanan 

  1. Kompor, ada beragam jenis kompor yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan desain dapur, mulai dari kompor gas, kompor listrik, kompor induksi, hingga kompor portabel. Umumnya kompor gas paling banyak digunakan untuk memasak. Pastikan peralatan dapur kamu memadai, agar dapat menyajikan makanan lezat dan sehat untuk keluarga. 
  2. Penanak nasi multifungsi, bisa digunakan untuk memasak sekaligus menghangatkan nasi. Selain menanak nasi, dapat juga digunakan untuk memasak kue dan bubur.
  3. Penggorengan, panci, pisau, dan peralatan masak lainnya. Pastikan kamu memilih peralatan rumah yang paling esensial untuk digunakan memasak.
  4. Piring, sendok, gelas, dan peralatan makan lainnya untuk menyajikan hidangan agar bisa disantap oleh seluruh anggota keluarga. Pilih peralatan makan yang memiliki desain dan warna-warna yang menarik agar sesi makan bersama keluarga menjadi lebih menyenangkan.
  5. Kulkas, berfungsi untuk menyimpan bahan makanan agar tetap segar dan tidak cepat membusuk. Pilihlah kulkas yang memiliki susunan rak fleksibel supaya isian kulkas dapat diatur sesuai kebutuhan.

Peralatan Rumah Tangga untuk Pembersihan

  1. Mesin cuci, saat ini mesin cuci sudah dilengkapi dengan berbagai fitur sehingga kegiatan  mencuci menjadi lebih mudah dan praktis. 
  2. Vacuum cleaner, kegiatan bersih-bersih menjadi lebih mudah dan cepat, dapat digunakan untuk membersihkan karpet.
  3. Sapu dan pengki, merupakan alat kebersihan umum yang ada dirumah. Berdasarkan ukuran, sapu dan pengki lebih mudah disimpan daripada vacuum cleaner. Selain lebih terjangkau dan hemat listrik, sapu mudah dibersihkan karena terbuat dari bahan plastik. 
  4. Kain pel, digunakan untuk membersihkan lantai rumah supaya makin bersih dan mengkilap setelah di sapu. Biasanya kain pel berbahan dasar serat dan lebih halus akan menyerap air dengan lebih cepat.
Sumber: rumah.com

Peralatan Rumah Tangga untuk Kenyamanan

  1. AC/kipas angin, dapat digunakan saat cuaca panas dan musim kemarau. AC dan kipas angin menjadi salah satu peralatan wajib berfungsi membantu mengalirkan udara sejuk di rumah dan menghilangkan udara panas.
  2. Pembersih udara atau air purifier merupakan alat yang memiliki kemampuan menjernihkan atau membersihkan udara di dalam suatu ruangan. Penggunaan pembersih udara di ruangan kecil berfungsi mengendapkan partikel seperti debu dan asap rokok ke udara.
  3. Seprai, bantal, dan guling, untuk melengkapi peralatan tidur yang berfungsi membantu membuat tidur lebih nyaman, lelap, dan berkualitas.
  4. TV, berfungsi sebagai sarana hiburan di rumah, menonton acara televisi favorit pada akhir pekan dapat membantu meningkatkan mood dan kebersamaan dengan keluarga.
Sumber : idelife-online.com

Peralatan Rumah Tangga Kecil Lainnya

Berbagai macam peralatan kecil telah dikembangkan untuk berbagai keperluan kebersihan dan perawatan pribadi, antara pisau cukur, sikat gigi, pengering rambut, pengeriting, alat pijat, dan bantalan pemanas yang menyuplai panas lembab atau kering. 

Nah, itulah ulasan terkait peralatan rumah tangga berdasarkan fungsinya, jangan lupa untuk melengkapi alat kebersihan kamu,  jika Anda berencana memiliki rumah baru dan mengisi peralatan rumah tangga, egera cek produk-produk yang kamu butuhkan hanya di website Gokomodo Corporate Commerce, terjamin keasliannya dan tentunya berkualitas!! Kamu juga dapat menggali informasi terkait teknologi lainnya pada artikel berikut, klik link berikut ini – 4 Jenis Alat Pemotong Rumput Terbaik.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin