Diterbitkan 26 Jun 2023

Inilah Hama Tanaman Karet dan Cara Pengendaliannya

Agri Edu
mengenal hama tanaman karet

Tanaman karet merupakan salah satu tanaman perkebunan yang banyak digunakan sebagai bahan baku industri. Tak heran, nilai ekspor karet Indonesia menurut Badan Pusat Statistik (BPS) mencapai US$6,40 miliar pada tahun 2022.

Tingginya nilai ekspor karet ini tentunya  harus diimbangi dengan baiknya kualitas karet yang dihasilkan. Oleh karena itu, para petani wajib menjaga kesehatan tanaman dengan mewaspadai serangan hama maupun penyakit, serta bagaimana upaya pengendaliannya. 

Hama yang Menyerang Tanaman Karet 

Ada beberapa hama yang biasa menyerang, antara lain:

1. Rayap

Bagi bibit tanaman karet yang baru ditanam, serangan rayap menjadi masalah yang cukup berarti. Hal ini karena rayap akan menggerogoti bibit hingga tingkat kerusakan yang parah sehingga tidak mungkin untuk tumbuh sempurna. 

2. Tungau

Selain rayap, tungau juga menjadi hama tanaman karet yang harus diwaspadai. Hama ini dapat menyerang berbagai bagian tanaman sehingga tidak bisa tumbuh secara normal. Jika dibiarkan, produktivitas tanaman karet tentu akan mengalami penurunan signifikan.

3. Kutu Tanaman

Hampir sama dengan tungau, hama berukuran kecil lain yang sering menyerang adalah kutu. Hama ini akan lebih banyak menyerang di bagian ujung batang dengan cara menyerap nutrisi tanaman. 

4. Siput

Tak hanya banyak ditemukan di sawah, siput juga bisa ditemukan dimana saja asalkan ada sumber makanannya. Oleh karena siput memakan dedaunan, tanaman karet juga berpotensi terserang hama ini. Selain menyerang bibit, siput juga menyerang tanaman dewasa yang biasanya ditandai dengan jejak mengkilap pada daun.

5. Uret Tanah

Uret tanah merupakan hama yang berupa larva kumbang yang menyerang bibit tanaman. Tak hanya menyerang bagian tertentu, hama ini bahkan memakan habis seluruh bagian tanaman sehingga pembibitan harus diulangi sejak awal. 

Upaya Pengendalian Hama Tanaman Karet

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hama tanaman karet di atas, seperti melalui cara biologis dengan mikroorganisme hidup maupun secara kimiawi menggunakan bahan-bahan kimia. Selain itu, ada juga cara mekanis dengan memotong bagian tanaman yang sudah terserang atau membuang keseluruhan tanaman.  

Upaya pengendalian lain yang bisa dilakukan adalah secara kultur teknis. Kamu bisa menggunakan varietas tanaman yang tahan hama, melakukan pemupukan teratur, pengaturan pola tanam, pengolahan tanah, pengaturan jarak antar tanaman, hingga menjaga kebersihan kebun dengan baik. 

Nah, itu dia beberapa hama tanaman karet beserta cara pengendaliannya yang harus kamu ketahui. Baca juga artikel Mengenal 7 Jenis Hama Kelapa Sawit dan Cara Pengendaliannya di website Gokomodo untuk menambah wawasanmu terkait hama-hama yang biasa menyerang komoditas perkebunan Indonesia.

whatsapp
twitter
facebook
linkedin