Diterbitkan 15 Aug 2023

Inilah Pemanfaatan Kelapa Sawit Yang Tidak Ada Limbahnya!

Agri Edu
pemanfaatan kelapa sawit

Banyak sekali kampanye kurang baik tentang kelapa sawit karena tidak ramah lingkungan. Padahal jika diamati lebih lanjut, Industri Kelapa Sawit Terbukti Mendukung Ketahanan Lingkungan yang Berkelanjutan. Selain itu, kelapa sawit nyaris tidak menghasilkan limbah karena semua bagian tanamannya dapat dimanfaatkan kembali menjadi barang yang memiliki nilai guna lain bahkan sumber energi alternatif. Tidak heran jika kelapa sawit diandalkan dalam pengembangan energi terbarukan (EBT)

Pemanfaatan kelapa sawit

Setelah selesai pengolahan kelapa sawit, saatnya untuk mengolah kembali sisa-sisa tumbuhan yang tidak digunakan. Inilah daftar bagian kelapa sawit yang didaur ulang serta produk yang dihasilkan

a. Sabut/cangkang

Sabut dan cangkang bisa dimanfaatkan kembali setelah minyak sawit mentah (CPO) berhasil di panen. Kedua bagian kelapa sawit tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku arang, bahan bakar boiler, dan campuran pakan ternak

b. Limbah cair kelapa sawit (LCKS)

LCKS juga disebut sebagai Palm Oil Mills Effluent (POME). LCKS dimanfaatkan kembali menjadi bahan bakar berupa biogas dan pembangkit listrik. Saat ini, pemerintah mengembangkan pembangkit listrik tenaga biogas.

c. Daging buah kelapa sawit

Daging buah kelapa sawit juga dikenal dengan sebutan mesokarp. Bagian inilah yang dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan minyak goreng hingga detergen.

d. Janjang kosong

Janjang kosong merupakan sisa dari kelapa sawit yang sudah diambil tandannya. Penggunaan janjang kosong sering dimanfaatkan sebagai pupuk organik karena mengandung unsur nitrogen, fosfat, kalium, dan magnesium yang dibutuhkan tanah.

e. Pohon kelapa sawit

Ternyata, batang pohon sawit juga berguna setelah diolah, misalnya jadi bahan baku furnitur. Batang pohon kelapa sawit hasil replanting dapat digunakan sebagai papan laminasi Sandwich Laminated Lumber.

f. Pelepah dan daun

Kedua bagian tanaman kelapa sawit ini bisa digunakan sebagai pupuk organik. Pelepah kelapa sawit mengandung zat nitrogen, fosfat, kalium, kalsium, magnesium, zinc, dan unsur hara mikro lainnya.

Tidak hanya digunakan sebagai penyubur tanaman, limbah kelapa sawit juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan baju dan rompi peluru. Sudah terbukti kan industri kelapa sawit mendukung ketahanan lingkungan? Yuk, cari tahu lebih seputar industri kelapa sawit melalui website Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin
Blog terbaru
Pengetahuan agrikultur, tips, dan sumber daya dari tim kami.