Diterbitkan 12 Mar 2024

Jangan Salah Pilih! Hindari Buah Ini Ketika Berpuasa

Lifestyle
Hindari Buah Ketika Berpuasa

Konsumsi buah-buahan sangat dianjurkan saat menjalani ibadah puasa. Selain mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, buah-buahan juga memberikan efek kesegaran saat dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Meski begitu, kamu tetap perlu memperhatikan jenis buah apa yang akan kamu makan. Simak informasi pada artikel berikut untuk mengetahui apa saja buah-buahan yang perlu dihindari ketika sedang berpuasa. 

Hindari Buah Ini Ketika Berpuasa

1. Nangka

Nangka merupakan salah satu buah yang memiliki cita rasa manis dan tekstur sedikit berair. Buah ini seringkali disajikan dalam menu berbuka puasa sebagai topping es buah atau diolah menjadi kolak yang lezat.

Sayangnya, nangka termasuk buah-buahan yang sebaiknya dihindari selama berpuasa. Hal ini karena nangka mengandung gas yang dapat menyebabkan diare, perut kembung, hingga buang gas secara terus menerus jika dikonsumsi saat perut kosong.

2. Mangga 

Mangga juga dikenal sebagai buah yang sebaiknya dihindari ketika berbuka puasa meski sering dijadikan sebagai olahan rujak. Hal ini karena mangga yang masih muda memiliki kandungan asam yang cukup tinggi, sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi dalam kondisi perut kosong. Namun jangan khawatir, karena kamu masih bisa menikmati kelezatan mangga yang sudah matang.

3. Kedondong

Berikutnya ada buah kedondong. Seperti mangga yang masih muda, kedondong juga banyak diolah menjadi rujak untuk sajian buka puasa. Sayangnya, kedondong memiliki kandungan asam yang dapat menyebabkan masalah pencernaan jika dikonsumsi dalam kondisi perut masih kosong, sehingga konsumsi buah satu ini perlu dihindari.

Akan tetapi, jika kamu sangat ingin mengonsumsi buah dengan rasa masam ini, kamu bisa mencobanya dengan cara yang lebih aman. Pastikan kamu sudah makan nasi atau sumber karbohidrat lain sebelum menikmati irisan buah kedondong.

Sumber: iStock

4. Durian

Raja buah satu ini juga sebaiknya kamu hindari ketika sedang berbuka puasa. Meski rasanya sangat nikmat, mengonsumsi durian saat berbuka puasa dapat menyebabkan kenaikan asam lambung karena kandungan gas yang dimilikinya.

Mengonsumsi durian dalam kondisi perut kosong juga akan membuat perut terasa tidak nyaman dan terasa sakit. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menghindari buah berduri satu ini selama bulan puasa.    

5. Jeruk Nipis

Meski bukan termasuk buah yang dikonsumsi secara langsung, jeruk nipis juga perlu dihindari ketika berbuka puasa. Sebab, rasa segar yang ditawarkan buah satu ini tidak sebanding dengan masalah kesehatan yang akan kamu alami.

Mengonsumsi buah jeruk nipis dalam kondisi perut kosong akan memicu kenaikan asam lambung. Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu menghindari buah satu ini agar kesehatan tubuh selama bulan puasa tetap terjaga.

Setidaknya, itulah lima buah yang sebaiknya kamu hindari ketika sedang berpuasa. Meski kelima buah tersebut menawarkan rasa yang nikmat saat dikonsumsi, namun kandungan asam maupun gas yang mereka miliki dapat membuat tubuh menjadi tidak sehat.

Baca juga Tidak Melulu Kurma, Inilah Buah yang Cocok Menemani Buka Puasa yang Menyehatkan di website Gokomodo, yuk. Semoga bermanfaat!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin