Diterbitkan 3 May 2024

Kaya Manfaat! Inilah Efek Penggunaan Pupuk KCl Kelapa Sawit

Agri Edu
Pupuk KCL Kelapa Sawit

Dalam dunia pertanian, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kekurangan air adalah dengan mengelola unsur hara yang dibutuhkan tanaman secara tepat. Dari banyaknya unsur hara, unsur Kalium (K) merupakan salah satu hara yang berperan dalam meningkatkan kemampuan tanaman di kondisi kekurangan air.

Mengapa demikian? Sebab unsur K merupakan unsur hara esensial yang membantu menjaga tekanan turgor, mengatur bukaan stomata, hingga mengatur potensial air di dalam tanaman. Jika tanaman memiliki cukup unsur K dalam kondisi kekeringan, maka akan terjadi proses konduktansi stomata, yakni mengecilnya bukaan stomata.

Seperti tanaman lainnya, kelapa sawit juga membutuhkan pupuk dengan kandungan unsur K yang cukup. Kebutuhan akan unsur K ini dapat kamu cukupi dengan cara mengaplikasikan pupuk KCl kelapa sawit yang memiliki banyak sekali manfaat bagi proses fisiologi tanaman – Apa Itu Pupuk Kalium? Inilah Penjelasan Selengkapnya.

Manfaat Pupuk KCl Kelapa Sawit

1. Meningkatkan Daya Serap Nutrisi

Pupuk KCl kelapa sawit akan membantu meningkatkan daya serap tanaman terhadap nutrisi lain, contohnya seperti unsur Nitrogen (N) maupun Fosfor (P). Oleh karena daya serap nutrisi yang baik, pertumbuhan tanaman pun juga akan menjadi lebih optimal.

2. Meningkatkan Produksi Buah

Manfaat lain yang bisa dirasakan ketika mengaplikasikan pupuk KCl adalah terjadinya peningkatan produksi buah sawit. Seperti diketahui, unsur hara Kalium akan membantu mengatur metabolisme tanaman, seperti kebutuhan karbohidrat untuk perkembangan buah. Dengan demikian, aplikasi pupuk KCl yang tepat tentunya akan meningkatkan produksi buah secara drastis.

3. Meningkatkan Jumlah Daun

Bukan hanya berpengaruh pada buah, pupuk KCl juga akan membantu meningkatkan jumlah daun tanaman sawit. Hal ini tentu saja karena Kalium memiliki peranan yang sangat besar dalam pembentukan klorofil untuk proses fotosintesis. Jika suplai Kalium pada tanaman tercukupi dengan baik, maka tanaman sawit pun bisa menghasilkan daun lebih banyak.

4. Meningkatkan Kekuatan Batang

Kandungan unsur hara Kalium dalam pupuk KCl ternyata juga berperan penting pada pembentukan sel tanaman. Peran inilah yang nantinya juga akan membantu meningkatkan kekuatan batang tanaman kelapa sawit agar tumbuh dengan lebih baik.

5. Meningkatkan Kualitas Buah

Bukan hanya membantu meningkatkan produksi buah, aplikasi pupuk KCl kelapa sawit juga sangat berkontribusi pada peningkatan kualitas buah. Kualitas yang dimaksud dalam hal ini, meliputi peningkatan berat buah, kadar minyak, serta ukuran tandan buah kelapa sawit.

Nah, itu dia manfaat pupuk KCl kelapa sawit yang perlu kamu tahu. Jika kamu juga tertarik menggunakan pupuk KCl, kamu bisa langsung membelinya melalui GokoMart. Kami memiliki 3 cabang yang tersebar di Kalimantan dan Sumatera, yakni GokoMart Bodok, GokoMart Muara Telang, dan GokoMart Nanga Tayap. Kunjungi website Gokomodo untuk informasi selengkapnya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin