Diterbitkan 16 Apr 2024

Kenali Bibit Semangka Unggul untuk Meningkatkan Produktivitas

Agri Edu
bibit semangka unggul

Mendapatkan hasil panen yang memiliki kualitas terbaik dapat diusahakan dengan memilih bibit yang berkualitas unggul. Termasuk jika kamu ingin menanam semangka, agar dapat panen buah dengan ukuran besar dan rasa yang manis, penggunaan semangka bibit unggul adalah hal yang wajib. Bagi kamu yang sedang mencari bibit unggul, jangan khawatir karena cara membedakannya cukup mudah. Simak ulasan berikut untuk mengetahui cara mendapatkan bibit unggul dan beberapa rekomendasi varietas terbaik.

Sumber: iStock

Cara Mendapatkan Bibit Semangka Unggul

Sebelum membeli bibit semangka, pastikan kamu mengetahui cara mendapatkan bibit semangka dengan memperhatikan ciri-ciri berikut.

  • Sebelum memilih bibit semangka, pastikan kamu membelinya dari sumber terpercaya seperti pusat kebun atau penangkar tanaman yang memiliki reputasi baik.
  • Bibit semangka yang unggul akan tampak sehat, bugar, serta tidak terdapat tanda-tanda penyakit seperti bercak, kusam, maupun kerusakan pada daun.
  • Pastikan struktur batang bibit berbentuk tegak dan lurus, sementara itu daunnya tidak mengalami deformasi dan tunas-tunas baru dapat berkembang dengan baik.
  • Perhatikan proporsi bibit dengan wadah atau pot tempatnya tumbuh agar bisa memperkirakan kemungkinan keterbatasan pertumbuhan akar.
  • Sistem akar bibit yang baik dan sehat umumnya cukup panjang, berwarna putih atau kecoklatan dengan struktur yang baik. Sebaliknya, akar yang tampak busuk akan berwarna gelap dengan jalinan yang berlebihan. 
  • Tanyakan usia bibit pada penjual karena bibit muda cenderung akan memiliki kemampuan adaptasi yang lebih baik di lingkungan baru.
  • Jika semua ciri dalam daftar ini sudah terpenuhi, pastikan kembali kamu memilih varietas yang sesuai dengan kondisi lingkungan dimana kamu akan menanam bibit. Untuk menentukannya, kamu bisa mempertimbangkan iklim dan kondisi tanah dengan kesesuaian varietas yang ada.

Varietas Bibit Semangka Unggul

Ada banyak pilihan varietas bibit semangka unggul yang bisa kamu sesuaikan dengan kondisi lingkungan, berikut beberapa rekomendasinya untuk kamu.

  • Campina

Keberadaan Campina memang sudah tidak asing lagi karena telah ada sejak tahun 2004. Varietas ini memiliki citarasa yang manis dengan tampilan yang menarik karena berbentuk bulat dengan warna hijau segar dan daging merah yang ranum.

  • Gonzales F1

Gonzales F1 terkenal menghasilkan buah yang memiliki ukuran besar dengan kulit tebal berwarna hijau tua. Dagingnya yang berwarna merah cerah dan manis ini memiliki tekstur yang renyah dan memiliki biji yang relatif sedikit.

  • Naza 367

Jika kamu mencari bibit semangka unggul tanpa biji, Naza 367 bisa menjadi pilihan karena memiliki rasa yang manis dan segar. Naza 367 ini bahkan memiliki tingkat penyerbukan dan pembuahan yang tinggi, sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal. 

  • Maduri F1

Maduri F1 menawarkan buah semangka berukuran besar dengan daging berwarna merah yang manis dan memiliki aroma khas. Varietas ini mampu tumbuh dengan baik di berbagai kondisi tanah dan iklim dengan waktu panen yang relatif singkat.

Bagaimana? Mudah bukan mendapatkan bibit semangka unggul untuk meningkatkan produktivitas? Jika kamu tertarik membudidayakan semangka, baca juga Cara Menanam Semangka Mudah di Rumah! di website Gokomodo. Selamat mencoba!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin