Diterbitkan 14 Mar 2024

Mari Merapat! Gokomodo Spill Pupuk MOP Andalan para Petani Indonesia!

Agri Edu
Pupuk MOP andalan

Petani mana yang tidak ingin hasil panennya berkualitas? Salah satu upaya hasil panen berkualitas yaitu menggunakan pupuk khusus pembesaran buah. Pupuk yang cocok digunakan yaitu pupuk MOP yang terkenal dengan kandungan kalium yang cukup tinggi hingga 60%. Kalium memang terkenal untuk membesarkan buah, melancarkan proses fotosintesis, meregulasi tekanan osmotik dalam sel tanaman, serta meningkatkan daya tahan tanaman terhadap penyakit. Sebelumnya Gokomodo pernah membahas tentang Mengenal Pupuk MOP, Manfaat dan Penggunaannya dalam Pertanian. Nah, kini Gokomodo spill beberapa pupuk MOP yang jadi andalan para petani Indonesia. 

Pupuk MerokeMOP

Sumber: PT Meroke Tetap Jaya

Pupuk MerokeMOP menjadi pupuk MOP yang sering digunakan oleh Petani. Pupuk MerokeMOP diproduksi oleh perusahaan asal jerman yaitu K+S Minerals and Agriculture, GmbH serta diimpor dan didistribusikan oleh PT Meroke Tetap Jaya. Berikut informasi legal pupuk MerokeMOP

  • No. Pendaftaran : 01.03.2016.254
  • No. NPB : 139514191653
  • Masa Edar : 3 tahun
  • Harga Terbaru : Rp. 500.000 – Rp 600.000 per 50 kg (tergantung daerah)

Pupuk MerokeMOP tersedia dalam dua sediaan, yaitu sediaan halus dan granular. Meskipun beda sediaan, kandungan didalamnya sama saja. Kalium yang terkandung dalam pupuk MerokeMOP mencapai 60%. Pupuk MOP terkenal dengan toleran terhadap unsur klorida, namun berbeda dengan pupuk MerokeMOP yang dapat digunakan pada tanaman yang toleran unsur klorida. 

Beragam sediaan pupuk MerokeMOP membuat pupuk ini lebih fleksibel diaplikasikan pada lebih banyak jenis tanaman. Pupuk MerokeMOP dengan sediaan halus biasanya digunakan untuk tanaman pangan seperti padi dan jagung. Sementara pupuk MerokeMOP sediaan granular lebih baik digunakan pada tanaman perkebunan, karena tidak mudah larut dengan air hujan. 

Pupuk MOP Mahkota Fertilizer

Sumber: Pupuk Mahkota

Petani mana yang tidak familiar dengan Pupuk Mahkota? Ternyata, Pupuk Mahkota juga memikli pupuk MOP yang diimpor oleh PT Wilmar Chemical Indonesia langsung dari Canpotex Ltd. Kanada, lho. Kandungan kalium pada pupuk Mahkota MOP mencapai 60% setiap kilogramnya. Agar semakin yakin menggunakan pupuk ini, berikut informasi legalnya

  • No. Pendaftaran : 01.01.2018.047
  • No. NPB : 103412119888
  • Harga terbaru : Rp 450.000 – Rp 600.000 per 50 kg (tergantung daerah)

Pupuk MOP Mahkota tersedia dalam sediaan kristal homogen berwarna merah dan putih yang dilengkapi dengan lapisan agar tidak mudah larut dengan air. Pupuk MOP Mahkota sebaiknya digunakan untuk tanama perkebunan, palawija, dan sayuran. Pengaplikasian pupuk MOP Mahkota sebaiknya ditaburkan di permukaan tanah pada pinggiran tanaman dan pastikan lahan dalam keadaan lembab. Agar hasilnya maksimal, pupuk diaplikasikan tiga kali dalam setahun.

Pupuk KCL/MOP Daun Sawit

Sumber: PT. Multimas Chemindo

Pupuk MOP Daun Sawit merupakan pupuk yang diproduksi oleh PT. Multi Mas Chemindo. Karena di Indonesia tidak ada bahan baku pembuatan pupuk MOP, maka pupuk ini diimpor dari Belarusia. Pupuk MOP Daun Sawit tersedia dalam sediaan tepung berwarna kemerahan. Berikut informasi resmi pupuk MOP Daun Sawit

  • No. Pendaftaran : 01.03.2020.625
  • No. NPB : 107551180561
  • Harga Terbaru : Rp 12.000/kg (tergantung daerah)

Pupuk MOP andalan selanjutnya adalah merk Daun Sawit mengandung kadar kalium yang tinggi mencapai 60%. Saran penggunaannya yaitu dengan cara ditabur pada permukaan tanah atau dibenamkan di sekitar akar tanaman. Penggunaan pupuk MOP dengan kadar kalium yang tinggi sebaiknya pada tanaman yang toleran dengan klorida. Pupuk MOP Daun Sawit baik digunakan untuk tanaman kelapa sawit, cabai, serta pangan sayuran dan palawija lainnya. Hindari penggunaan pupuk ini pada tanaman kentang, wortel, dan bawang merah karena tanaman tersebut memilki sensitivitas terhadap unsur klorida. Jika tanaman yang sensitif dengan unsur klorida, pengaplikasian pupuk MOP Daun Sawit dapat dikombinasikan dengan pupuk ZK atau KNO3.

Jangan pusing-pusing buat beli pupuk MOP. Kamu bisa membelinya secara online melalui Gokobiz ataupun membeli di Mitra Gokomodo terdekat, lho! Sebelum beli pupuk untuk tanaman, tidak ada salahnya baca-baca artikel di blog Gokomodo supaya tidak salah beli nantinya. Selamat merawat tanaman!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin