Diterbitkan 11 Jul 2024

Mau Tau Kegunaan Magnesium Sulfat Dengan Baik? Inilah Manfaat Yang Akan Kamu Peroleh

Agri Edu
Magnesium Sulfat

Magnesium sulfat menjadi unsur hara mikro yang vital bagi pertumbuhan tanaman. Peran penting magnesium yang paling terkenal yaitu kemampuannya untuk meningkatkan kadar zat hijau daun. Adakah manfaat lainnya? Sudah pasti ada, dong. Nih, Gokomodo berikan penjelasan lengkap tentang manfaat magnesium sulfat pada tanaman.

Pembentukan Zat Hijau Daun

Tidak diragukan lagi manfaat utama magnesium sulfa untuk menambahkan zat hijau daun pada tanaman. Magnesium sulfat biasanya disimpan pada inti zat hijau daun, bagian yang berfungsi untuk menyerap sinar matahari. Proses pembentukan zat hijau daun sangatlah penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Kekurangan unsur hara mengakibatkan daun berubah menjadi kekuningan atau disebut dengan klorosis. Perubahan warna kuning disebabkan kekurangan zat hijau dun pada tanaman sebagai tanda awal gagal panen.

Pembentukan Dinding Sel Tanaman

Seperti tembok rumah, dinding sel menjadi lapisan terluar yang melindungi sel-sel yang ada pada tanaman dan memberikan dukungan struktural dengan menghasilkan pektin, hemiselulosa, dan selulosa. Sel yang tumbuh dengan baik didapat dari jumlah unsur hara yang sesuai. Kekurangan unsur hara menyebabkan rapuhnya dinding sel tanaman sehingga lebih rentan terkena penyakit.

Penyerapan Nutrisi

Magnesium sulfat juga berperan penting dalam penyerapan nutrisi bagi tanaman. Aktivitas penyerapan nutrisi dapat berupa transportasi nutrisi dari akar ke seluruh bagian tumbuhan, aktivasi enzim untuk memecah nutrisi sehingga mudah diserap oleh tanaman, dan sintesis protein.

Pembentukan Protein

Protein umunya digunakan untuk membangun tanaman agar lebih kuat dan kokoh. Protein pada tanaman bisa dihasilkan dari magnesium sulfat. Kok bisa, ya? Ternyata unsur hara ini menghasilkan ion magnesium yang menjadi kofaktor berbagai jenis enzim yang terlibat dalam sintesis protein. Kekurangan harra ini pada tanaman dapat menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan tanaman terganggu. 

Pembentukan Vitamin

Tak hanya manusia saja, tanaman juga membutuhkan vitamin untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal, lho. Ion magnesium yang berperan sebagai sintesis protein juga berperan dalam pembentukan vitamin pada tanaman. 

Meningkatkan Daya Tahan Terhadap Penyakit

Daya tahan tanaman dapat diperoleh dari magnesium sulfat dengan cara meningkatkan produksi zat hijau daun, mengaktifkan enzim pertahanan untuk melawan penyakit, memperkuat dinding sel, dan meningkatkan penyerapan nutrisi. 

Pembentukan Gula

Gula menjadi bahan bakar utama untuk menghasilkan energi untuk aktivitas tanaman. Unsur hara ini membantu menghasilkan ion magnesium untuk mengaktifkan enzim tanaman yang khusus membentuk gula. Enzim tersebut memecah pati menjadi gula yang digunakan sebagai sumber energi atau disimpan sebagai cadangan makanan. 

Pertumbuhan Akar

Akar berperan penting dalam berdirinya tanaman dan penyerapan nutrisi serta air dari dalam tanah. Magnesium sulfat juga membantu pertumbuhan akar dengan cara membantu pembelahan dan pemanjangan sel, menumbuhkan rambut akar, mengembangkan akar lateral, dan memberikan ketahanan terhadap stres. 

Banyak kan manfaat magnesium sulfat? Manfaat tersebut dapat dirasakan saat menggunakan pupuk yang dilengkapi dengan magnesium sulfat. Coba deh baca artikel Pupuk Magnesium: Fungsi, Cara Pemakaian, dan Harga Berbagai Merk untuk referensi. Nah, pastikan kamu membeli pupuk magnesium sulfat hanya di GokoMart yang sudah dijamin kualitas dan keasliannya. Kabar baiknya ada diskon hingga 10% di beberapa GokoMart, lho. Yuk, cari tahu lokasi GokoMart di website Gokomodo!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin