Diterbitkan 3 Apr 2024

Pupuk Magnesium: Fungsi, Cara Pemakaian, dan Harga Berbagai Merk

Agri Edu
pupuk magnesium

Memberi pupuk secara berkala adalah salah satu hal yang wajib dilakukan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan panen melimpah. Namun perlu diingat bahwa saat memberikan pupuk harus mengikuti cara pemakaian yang benar agar tidak berdampak buruk bagi tanaman maupun lingkungan.

Diantara pupuk yang dianjurkan untuk tanaman, pupuk magnesium memiliki peran penting dalam memenuhi unsur hara mikro. Magnesium berperan dalam proses fotosintesis dan berbagai fungsi lainnya. Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai fungsi, cara pakai, dan berbagai merk pupuk magnesium yang dapat kamu gunakan.

Fungsi Pupuk Magnesium

Pupuk jenis ini memiliki banyak manfaat bagi tanaman, diantaranya yaitu:

  • Mencegah hama dan penyakit karena tanaman memiliki kekebalan dan daya tahan yang lebih tinggi. Pada fungsi ini, magnesium berpengaruh positif pada kekuatan dinding sel dan permeabilitas membran.
  • Magnesium dapat membantu membentuk klorofil dan meningkatkan permeabilitas tanaman sehingga dapat mempermudah proses fotosintesis dan respirasi.
  • Mencegah gugur bunga sehingga dapat membantu munculnya buah agar tidak rontok hingga menghindari kematian.
  • Magnesium membantu tumbuhan menyediakan nutrisi berupa gula, karbohidrat, lemak, protein, dan minyak.

Cara Pemakaian Pupuk Magnesium

Pupuk ini dapat digunakan dengan berbagai cara seperti dikocor atau disiram, ditabur, maupun disemprotkan pada tumbuhan. Cara ini biasanya disesuaikan dengan jenis tanaman dengan dosis yang berbeda-beda pula. Berikut dosis yang dianjurkan berdasarkan jenis tanamannya:

  • Bawang merah atau putih : 25 – 35 kg/ha
  • Padi dan kacang-kacangan : 35 – 50 kg/ha
  • Terong : 60 – 70 kg/ha
  • Jagung : 80 – 90 kg/ha
  • Apel, jeruk, kopi, kedelai : 90 – 100 kg/ha
  • Kentang, singkong, kapas : 90 – 100 kg/ha
  • Kubis, tebu : 90 – 100 kg/ha
  • Kelapa sawit, nanas : 200 – 250 kg/ha

Ada banyak merk pupuk magnesium yang ditawarkan di pasaran dengan keunggulan dan harga yang bervariasi, berikut diantaranya:

1. MAG-S (Magnesium Sulfat) Meroke

Harga: Sekitar Rp30.000

Kombinasi pupuk magnesium paling populer ini berfungsi untuk memperbaiki penyerapan nitrogen dari dalam tanah. Selain itu, biasanya pupuk ini juga digunakan untuk mempercepat pertumbuhan vegetatif tanaman. Namun sebelum penggunaan perlu dilakukan pengecekan kondisi tanah dan keberadaan zat kimia lain yang bersifat antagonis seperti hidronium.

2. MgO (Magnesium Oksida) Pak Tani

Harga: Sekitar Rp15.500

Pupuk magnesium oksida juga memiliki konsumen yang cukup besar di Indonesia. Penggunaan nutrisi ini biasanya digunakan pada kondisi tanah yang kekurangan unsur hara magnesium. Beberapa tanaman yang cocok diberi pupuk ini yaitu tanaman sayur, umbi-umbian, buah-buahan, maupun rerumputan.

3. MgO (Magnesium Oksida) Phanbon Malaka

Harga: Sekitar Rp7.000

Pilihan pupuk selanjutnya yang bisa dipilih yakni dari Phanbon Malaka yang memiliki kadar 25 hingga 38%. Pembelian dalam jumlah banyak seperti dalam karung 50 kg biasanya akan lebih murah yakni berkisar Rp260.000.

Itu dia informasi seputar pupuk magnesium yang perlu kamu ketahui. Untuk menambah wawasanmu, baca juga Inilah Kegunaan Pupuk Magnesium dan Jenisnya yang Banyak Dijual di Toko Pertanian di website Gokomodo!




Segera kunjungi GokoMart Nanga Tayap di Kalimantan Barat dan dapatkan kebutuhan seputar agri input untuk budidaya tanaman. Jangan lewatkan kesempatan ini, ya! Informasi selengkapnya hubungi – 081112544404

whatsapp
twitter
facebook
linkedin