Diterbitkan 27 Dec 2023

Mengapa StartUp Agritech Itu Penting? Temukan Jawabannya di Sini!

Agri Edu
startup agritech

Startup agritech dapat diartikan sebagai perusahaan rintisan yang bergerak pada bidang teknologi pertanian. Adanya startup ini didasarkan permasalahan tata niaga pertanian yang ada di Indonesia saat ini. Lebih spesifiknya, permasalahan terletak pada keterbatasan petani dalam menentukan harga pasar dikarenakan banyak pihak terlibat dalam distribusi produk pertanian serta rumitnya tata niaga pertanian. 

Tentu saja untuk menyelesaikan permasalahan tersebut startup agritech memanfaatkan pembaruan teknologi informasi dan internet dan jasa logistik. Dengan memanfaatkan dua hal penting tersebut, diharapkan persoalan yang tengah dihadapi petani dan pelaku pengusaha pertanian lainnya bisa terselesaikan.

Pentingnya Startup Agritech

Sebagai startup agritech di negara agraris, keberadaannya tentu mendatangkan manfaat dan sangat penting dalam hal jual beli serta distribusi produk pertanian. Lebih jelasnya, berikut ini alasan mengapa startup agritech itu penting

Mempermudah jual beli dan distribusi

Sumber: Tech Startups

Produk pertanian harus melakukan perjalanan panjang agar sampai di tangan konsumen. Semakin panjang rantai distribusi, maka semakin banyak pula biaya yang dikeluarkan dan semakin banyak pihak yang terlibat. Untuk itu, dengan adanya startup agritech petani dapat mengelola bahkan menjual produk pertaniannya sendiri dan melakukan pengiriman lebih mudah.

Selain itu, dengan memanfaatkan teknologi proses jual beli dan distribusi tidak perlu dilakukan dengan tatap mata. Penjual dan pembeli dapat bertemu secara daring sehingga lebih efisien secara waktu. Teknologi yang biasa digunakan untuk jual beli ini berupa aplikasi yang dapat diakses melalui handphone maupun komputer.

Produksi produk pertanian jauh lebih mudah

Untuk memproduksi produk pertanian berkualitas, diperlukan alat dan bahan yang berkualitas pula. Benih, pupuk, dan pestisida yang digunakan harus memilki izin edar sehingga terhindar dari bahaya yang dapat timbul pada tanaman. Akses pada ketersediaan saprodi dapat diakses melalui teknologi yang ditawarkan oleh startup agritech. Mudahnya ketersediaan dan singkatnya rantai distribusi membuat proses produksi pertanian menjadi jauh lebih mudah.

Akses informasi pertanian lebih luas dan mudah

Dengan menggunakan internet, tentu saja para petani dan stake holder yang terlibat mempunyai kemudahan akses informasi dan pengetahuan lebih mudah. Informasi dan pengetahuan ini sangat penting untuk mencari solusi yang sedang dihadapi di lapangan. Selain itu, dengan adanya akses terhadap pengetahuan, diharapkan kualitas saprodi dan produk pertanian yang dihasilkan menjadi lebih baik. 

Pentingnya Bersinergi dengan Gokomodo Sebagai Startup Agritech

Gokomodo Sebagai Salah Satu Startup Agritech di Indonesia yang pernah mendapatkan pendanaan dari investor asing tentunya mampu membantu perkembangan pertanian di Indonesia. Gokomodo sendiri menggunakan internet sebagai roda dalam menjalankan bisnisnya, sehingga sangat cocok sekali digunakan di era modern dan serba internet saat ini. Langkah penting Gokomodo untuk memajukan pertanian meliputi:

GokoBiz

GokoBiz merupakan salah satu platform digital yang disediakan oleh Gokomodo dikhususkan untuk para pengusaha maupun perusahaan berskala besar. Platform GokoBiz menjadi wadah penjual dan pembeli terverifikasi untuk membantu pembelian produk agri-input, alat berat, perlengkapan kantor, maupun kebutuhan perusahaan lainnya,. Dalam GokoBiz dapat ditemukan lebih dari 3.000 produk dengan harga bersaing. Selain itu, proses pemesanan, pembayaran, hingga pengiriman pun juga terbilang sangat mudah hanya perlu menggunakan komputer dan internet saja. 

E-Procurement

E-Procurement merupakan sebuah platform yang diluncurkan oleh Gokomodo untuk mempermudah pengadaan barang suatu perusahaan yang membutuhkan produk pertanian. Dalam E-Procurement ini terdapat penjual bahan baku atau bahan pokok yang dibutuhkan oleh perusahaan dan dapat dibeli dengan skala besar. E-Procurement juga menawarkan kemudahan dalam pengadaan lelang secara digital, perbandingan harga, proses persetujuan, laporan dan anailitik, serta mudah diintregasikan dengan sistem ERP.

Aplikasi Gokomodo

Tidak hanya kemudahan pada perusahaan saja, Gokomodo juga menyediakan kemudahan bagi petani dan mitra melalui Aplikasi Gokomodo. Aplikasi Gokomodo merupakan aplikasi yang dapat diakses melalui handphone. Aplikasi ini memang dipersembahkan untuk pelanggan setia Gokomodo. Tentunya dengan menggunakan aplikasi ini pembeli dapat keuntungan berupa GokoKoin, voucher, promosi, serta beragam informasi seputar agrikultur yang berguna.

Nah, sudah tahu kan pentingnya untuk menggandeng Gokomodo sebagai wadah untuk mempermudah distribusi sekaligus jual beli agrikultur? Jika tertarik untuk bergabung sebagai Mitra Gokomodo, daftarkan diri melalui Mitra Gokomodo terdekat. Yang terpenting, terus tambah informasi tentang agrikultur lebih banyak di website Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin