Diterbitkan 16 Sep 2024

Pentingnya Aplikasi Herbisida Pra Tumbuh dan Rekomendasi Produk Terbaik

Agri Edu
Herbisida Pra Tumbuh

Tak hanya hama dan penyakit, gulma juga menjadi musuh petani karena keberadaannya mengganggu tanaman budidaya. Gulma merupakan rumput liar yang tumbuh diantara tanaman budidaya sehingga dapat mengurangi unsur hara, air, maupun sinar matahari yang diserap oleh tanaman utama.

Meski sebenarnya dapat ditangani secara manual dengan proses penyiangan, tapi jika jumlahnya terlalu banyak maka dapat menghabiskan waktu dan energi. Oleh karena itu, penting untuk mencegah keberadaan gulma dengan menggunakan herbisida pra tumbuh berikut – Semua yang Kamu Perlu Tahu Tentang Herbisida Sistemik Ada di Artikel Ini. Yuk Baca!

Memahami Pentingnya Herbisida Pra Tumbuh 

Herbisida merupakan produk yang mengandung bahan kimia untuk mengendalikan tanaman pengganggu atau yang disebut gulma. Jenis gulma sangat beragam, seperti rumput, alang-alang, maupun semak liar. 

Sebelum berbagai jenis gulma tersebut tumbuh, maka dapat dicegah dengan menggunakan herbisida pra tumbuh. Mencegah tumbuhnya gulma tentu dapat menghemat biaya, waktu, maupun tenaga karena seringkali akan lebih repot jika harus mengendalikan gulma. 

Pada umumnya, herbisida pra tumbuh adalah soil acting herbicide yakni perlu diaplikasikan ke tanah dan bersifat sistemik. Contoh herbisida cukup beragam seperti diuron, bromacil, oksadiazon, ametrin, dan lainnya.

Rekomendasi Herbisida Pra Tumbuh Terbaik

Prowl 330 EC

Prowl 330 EC merupakan herbisida pra tumbuh yang mengandung bahan aktif Pendimethalin 330 g/l. Meski berbentuk pekatan berwarna kuning, herbisida ini sangat mudah diemulsikan untuk mencegah pertumbuhan gulma pada tanaman bawang merah. Kamu bisa menjumpai Prowl 330 EC dalam kemasan botol berukuran 250 ml dan 500 ml.

Ultron 25/18 WP

Untuk mencegah tumbuhnya gulma pada tanaman padi, petani dapat mengandalkan Ultron 25/18 WP. Herbisida sistemik selektif ini mengandung dua bahan aktif sekaligus yaitu Metil Bensulfuron dan Natrium Bispiribak. 

Kandungan bahan aktif yang cukup tinggi membuat Ultron memiliki spektrum efikasi yang luas dan tetap aman untuk tanaman padi. Sebelum mengaplikasikan herbisida ini perlu disuspensikan terlebih dahulu karena berbentuk tepung.

Sultrazin 560 SC

Sultrazin 560 SC merupakan herbisida andalan untuk mengendalikan gulma yang umum di lahan jagung. Herbisida sistemik selektif pra tumbuh ini  yang sangat ampuh karena hanya perlu sekali pemakaian maka tanaman jagung bebas gulma hingga panen.

Kandungan bahan aktif dalam Sultrazin yaitu Mesotrion dan Atrazin yang efektif mengatasi berbagai jenis gulma. Spektrumnya yang luas dan tidak perlu dicampur dengan herbisida lain membuat produk ini cukup hemat.

Serendy 28 WP

Berbagai jenis gulma tanaman padi seperti gulma daun lebar, daun sempit, maupun teki dapat dicegah oleh Serendy 28 WP. Produk Nufarm ini cukup multifungsi karena tidak hanya difungsikan sebagai herbisida sebelum pertumbuhan tetapi juga untuk purna tumbuh. Cara aplikasinya cukup fleksibel yakni dapat dengan disemprot maupun dicampur saat proses pemupukan.

Dari artikel di atas, kita ketahui bersama bahwa penggunaan herbisida pra tumbuh sangat penting bagi tanaman. Dengan penggunaan yang tepat, keberadaan gulma yang mengganggu akan semakin berkurang dan tanaman dapat tumbuh dengan lebih subur.

Nah untuk mendapatkan berbagai produk herbisida di atas, kamu bisa mulai berbelanja di GokoMart. Tak hanya herbisida, GokoMart juga menyediakan berbagai produk pestisida lain, pupuk, serta alat-alat pertanian. Tunggu apalagi? Segera kunjungi cabang GokoMart terdekat!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin