Diterbitkan 19 Jun 2023

Pentingnya Hilirisasi dalam Industri Kelapa Sawit

News
Hilirisasi industri kelapa sawit.

Indonesia memiliki lahan perkebunan sawit yang luas serta hasilnya dapat dimanfaatkan dalam negeri dan luar negeri. Hasil perkebunan sawit seperti Tandan Buah Segar (TBS), minyak kelapa sawit, produk oleokimia, dan cangkang sawit. Sebenarnya, dari hasil perkebunan tersebut bisa diolah kembali menjadi beberapa produk turunannya. Untuk itu diperlukanlah hilirisasi agar menghasilkan produk turunan yang bisa dijual di pasaran. 

Hilirisasi merupakan suatu proses pengembangan produk dengan efektif namun tetap memiliki harga jual yang tinggi. Dengan kata lain, hilirisasi adalah proses pembuatan produk dari bahan baku menjadi barang siap pakai oleh konsumen. Proses ini membutuhkan nilai investasi yang tidak sedikit serta regulasi pemerintah untuk memudahkan realisasi menuju hilirisasi. Manfaat hilirisasi antara lain memberikan nilai tambah produk, menciptakan lapangan pekerjaan baru, meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional, dan mengoptimalkan sumber daya alam yang ada. 

Indonesia memiliki roadmap hilirisasi tersendiri yang dimulai dari peningkatan produktivitas, penunjang kegiatan hilir (oleofood, oleokimia, dan biofuel), penciptaan ekosistem, tata kelola capacity building, serta pengembangan teknologi yang dimanfaatkan untuk menunjang pertumbuhan industri kelapa sawit. Salah satu harapannya melalui hilirisasi ini, Indonesia menjadi penentu harga CPO di pasar internasional mengingat jumlah produksi CPO di Indonesia cukup besar. Untuk mencapai produktivitas hilirisasi, salah satunya diperlukan juga Program Sawit Rakyat – Masa Depan Industri Kelapa Sawit di Indonesia Ada di Tangan Petani Rakyat

Ternyata hilirisasi sangat diperlukan untuk meningkatkan perekonomian nasional, ya. Tidak hanya sampai mendobrak perekonomian, dengan adanya hilirisasi industri kelapa sawit berarti mendukung ketahanan lingkungan yang berkelanjutan. Diharapkan semua stakeholder yang terlibat mampu meningkatkan dan mempermudah proses hilirisasi yang ada. Website Gokomodo menyediakan berbagai artikel seputar kelapa sawit dan agrikultur di Indonesia. Pastikan untuk selalu membacanya setiap hari!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin