Diterbitkan 11 Apr 2023

Persiapan Sebelum Memasang Pipa Air

Teknologi

Kamu sedang membangun sebuah rumah layak huni? Semuanya harus dirancang dan ditata dengan baik. Termasuk urusan menata sistem saluran air yang biasa digunakan dalam rumah. Salah satu komponen saluran air yang perlu diperhatikan adalah penggunaan jenis pipa untuk air yang tepat. Persiapan memasang pipa air tidak bisa dianggap remeh, Gokomodo akan bantu kamu dalam artikel dibawah ini!

Pipa air adalah salah satu komponen yang digunakan untuk menyalurkan air dari sumber air ke bagian-bagian rumah yang memerlukan air. Pipa saluran air berfungsi bukan hanya untuk menyalurkan air bersih sebagai salah satu kebutuhan dasar, namun juga berfungsi menyalurkan air kotor atau limbah ke tempat pembuangan.

Berikut alat yang perlu disiapkan sebelum memasang pipa air.

1. Alat Pemotong Pipa

kamu membutuhkan gergaji atau alat pemotong lain untuk menyesuaikan panjang pipa dengan kebutuhan Anda. Pastikan kamu telah memperhitungkan secara presisi untuk hasil pemotongan yang rapi dan akurat.  

2. Pembersih Pipa

Pembersih pipa yang tersedia di pasaran umumnya berbentuk cairan atau aseton. Anda dapat memilih cairan pembersih pipa dengan merk apapun sesuai kebutuhan Anda. Pipa yang telah dibersihkan akan tampak lebih bersih dan performa pipa tetap terjaga.  

3. Amplas dan Kain Bersih

Tidak hanya membersihkan pipa menggunakan cairan pembersih, Anda perlu melakukan tahap pembersihan lain. Gunakan amplas untuk menggosok ujung pipa sebanyak 3 sampai 5 kali sampai pipa terlihat bersih dan halus. Setelah itu, gunakan kain bersih untuk menghilangkan sisa debu dan kotoran pada permukaan pipa. Dengan begitu kotoran yang menempel sebelumnya tidak akan mengganggu proses pemasangan.   

4. Kuas Cat

Fungsi kuas pada instalasi pipa air sama halnya dengan fungsi kuas pada umumnya. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan merk kuas apa pun untuk mengoleskan lem pada pipa. Namun ingat, pilihlah jenis dan ukuran kuas yang sesuai dengan ukuran diameter pipa PVC dan sambungan pipa PVC yang digunakan.

5. Fitting atau Sambungan Pipa

Pancangan sistem perpipaan kamu memiliki beberapa area yang tidak beraturan atau tidak lurus. Namun, jangan sampai sembarangan memilih fsambungan pipa Anda. Pahami sambungan pipa utama yang digunakan karena emua jenis sambungan pipa tersedia dalam bentuk khusus.

6. Lem Pipa Air

Lem pipa air untuk menyambungkan beberapa pipa,kamu tentu tidak boleh memilih jenis lem secara sembarangan. Ada lem khusus yang disediakan untuk kebutuhan instalasi pipa air. Pastikan lem pipa memiliki daya rekat yang sangat tinggi, sehingga mencegah terjadinya kebocoran. 

Berikut persiapan untuk memasang pipa air. Apakah kamu tertarik artikel lainnya ? Berikut rekomendasi Gokomodo: Meningkatkan Peluang Penjualan Hasil Pertanian Melalui E-Commerce Pertanian. Tertarik membeli pipa air? Bisa langsung terjun di website Gokomodo Corporate Commerce, ya! 

whatsapp
twitter
facebook
linkedin