Diterbitkan 1 Jan 2024

Tahun Baru, Tanaman Harus Baru Juga, Dong! Inilah Daftar Tanaman Hits 2024

Agri Edu
Tanaman hits 204

Tahun baru sudah saatnya untuk mengubah tatanan rumah maupun menambah koleksi untuk sekadar mempercantik rumah. Bagi phytopile sebutan untuk orang yang menyukai bunga –tentu saja akan menambahkan koleksi bunga sebagai hiasan cantik di rumahnya. Untuk menyambut tahun baru ini, apa saja sih bunga yang cantik untuk dibudidayakan? Jangan bingung, ya. Gokomodo sudah menyediakan beberapa referensi tanaman hias yang cukup hits di luar negeri dan beberapa diantaranya mudah ditemukan di Indonesia. 

Tanaman Hits 2024

Menurut pakar tanaman, ada sedikit perubahan trend tentang tanaman hias pada tahun 2024. Di tahun ini diprediksi tanaman yang memilki bunga mekar, bunga berwarna merah muda, dan tanaman yang memilki beraneka ragam daun akan hits. Tidak hanya itu saja, kabar baiknya bunga-bunga yang hits ini  Berikut jenis bunga yang akan menjadi idola di tahun 2024.

Peony

Sumber: Frank & Co.

Bunga peony termasuk bunga yang cukup terkenal di Indonesia karena kecantikannya. Bunga peony seringkali digunakan dalam sebuah rangkai bunga. Biasanya bunga peony dijumpai dengan warna cantik, seperti merah muda, kuning, putih, dan burgundy. Bunga peony memilki arti ‘sebuah harapan, kebahagiaan, juga kesehatan dan kehormatan’. Bukankah bunga ini cocok sebagai tanaman hits di tahun 2024 nanti?

Philodendron

Tanaman hits 2024
Sumber: The Spruce

Bunga philodendron merupakan tanaman hias yang berasal dari suku Araceae. Di Indonesia, ada lebih dari 10 jenis philodendron yang tersebar karena tanaman ini mampu tumbuh dengan baik di iklim tropis. Nama philodendron berasal dari bahasa Yunani philo yang berarti cinta dan dendron artinya pohon. Sehingga, philodendron diartikan sebagai tanaman cinta. 

Lidah Buaya

Tanaman hits 2024
Sumber: Epic Gardening

Aloe vera yang dikenal sebagai lidah buaya termasuk tanaman yang sering dijumpai bahkan dapat dibudidayakan sendiri di rumah. Pada tahun 2023, aloe vera termasuk dalam jajaran bunga hits pilihan phytopile. Kata Aloe vera diambil dari Bahasa Arab alloeh yang berarti zat pahit yang berkilau dan vera yang berarti kebenaran. Alasan utama mengapa banyak sekali yang budidaya lidah buaya yaitu memanfaatkan daging tanamannya untuk keperluan kesehatan utamanya untuk kecantikan. 

Aeschynanthus

Sumber: The Spruce

Bunga Aeschynanthus merupakan salah satu bunga dengan penampilan yang menarik hingga dijuluki sebagai bunga lipstik. Di Indonesia sendiri, bunga lipstik tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan lainnya. Daya tarik bunga ini terletak pada warna bunganya yang beragam yaitu warna kuning, jingga, hingga merah kehitaman.

Palem Parlor

Sumber: Gardener’s Path

Palem parlor merupakan salah satu tanaman palem yang dapat ditanam di dalam ruangan. Selain itu, perawatan palem parlor dinilai lebih mudah dibandingkan dengan tanaman lainnya. Palem parlor yang ditanam di dalam ruangan terbukti mampu menghilangkan polusi sehingga udara tetap terjaga dan tetap segar.

Hoya carnosa

Sumber: Planet Natural

Hoya carnosa merupakan salah satu bunga yang berasal dari Asia Timur dan Australia. Bunga ini disebut juga sebagai bunga porselen atau lilin. Bunga Hoya termasuk tanaman hias dengan daya tarik terletak pada lilin pada daunnya dan bunga yang beraroma manis. Karena bunga hoya memilki banyak warna, tidak salah apabila bunga hoya diartikan sebagai simbol keanekaragaman dan kesegaran udara di dalam rumah. Daunnya yang indah juga diartikan sebagai keanekaragaman, kekayaan, dan keunikan bagi pemilknya. 

Bagaimana, suka dengan pilihan bunga dari tim Gokomodo? Tentu saja untuk merawat tanaman seindah itu harus dengan saprodi yang berkualitas. Kamu bisa temukan tanaman sukulen yang mudah dirawat pada artikel Tips dan Trik Merawat Tanaman Bonsai dan Sukulen untuk Pemula dan artikel lainnya yang tersedia di blog Gokomodo, ya!

whatsapp
twitter
facebook
linkedin